JawaPos.com – Defrico Audy merupakan desainer yang juga ikut ambil bagian dalam perhelatan Indonesia Fashion Week 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta. Sang desainer membawakan sekitar 60 koleksi mewakili Sulawesi Tenggara.

Tema koleksi dari desainer Defrico Audy yang diboyong ke IFW 2023 adalah Tanah Anoa. Hal itu trinspirasi dari satwa endemik di Sulawesi yang dilindungi. “Saya angkat ini sebagai ciri khas,” kata Defrico Audy dalam jumpa pers di mini stage IFW 2023, Sabtu (25/2).

Dia menyatakan bahwa 60 koleksi tersebut mewakili 6 kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara. Dengan demikian, setiap kabupaten memiliki 10 look yang diboyong ke IFW 2023. Terdiri dari pakaian pria dan wanita. Semua koleksi tersebut terbuat dari kain tenun.

“Yang kita bawakan di sini adalah pakaian ready to wear, pakaian siap pakai istilah kasarnya. Supaya anak muda juga bisa mencintai tenun,” tuturnya.

Lebih lanjut Defrico Audy mengungkapkan bahwa koleksi dari setiap kabupaten yang diangkat di IFW 2023 memiliki motif berbeda-beda. Misalnya dari Kabupaten Bombana, koleksinya memiliki motif kepala kuda. Atau dari Kabupaten Baubau memiliki motif pintu keraton.

“Semua motif ini kita riset terlebih dahulu. Untuk pengerjaannya butuh waktu 3 bulan untuk 1 kain,” katanya.

Menurut pengakuan Defrico Audy, 60 koleksi yang diboyong ke IFW 2023 persiapannya membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun. Sebab, semua koleksi tersebut dikerjakan dengan menggunakan tangan.

“Tenun itu kan dilakukan pakai tangan, bukan mesin. Penenunnya kebanyakan ibu-ibu,” tandasnya.

By admin