JawaPos.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menegaskan bahwa ketahanan ekonomi di wilayah setempat ditopang oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Sebesar 57 persen perekonoantmian Jatim disumbang UMKM. Ini mempengaruhi ketahanan ekonomi, namun di sisi lain UMKM ini adalah sektor yang nafasnya pendek sehingga harus diberikan dukungan,” ujar Emil kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Dia menyampaikan, saat ini Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah disalurkan di Jawa Timur sekitar Rp70 triliun, atau setidaknya mampu menjaga kondisi perbankan.

“Ini agar bank tidak segan memberikan kredit demi keberlangsungan pertumbuhan ekonomi Jatim serta Indonesia,” kata orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut.

Di sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023 mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada tahun 2020 mengalami kontraksi sehingga lebih rendah dari rata-rata nasional di angka -2,33.

Sedangkan, pada tahun 2021 berada pada 3,56. Namun pada 2022 mengalami peningkatan sehingga berada di atas nasional dengan angka 5,34.

Selain itu, BPS juga mencatat angka inflasi Indonesia per Januari 2023 sekarang berada di rentang terkendali.

Inflasi pada Januari 2023 mengalami penurunan menjadi 5,28 persen (YoY), yang sebelumnya pada Desember 2022 ada di angka 5,51 persen (YoY).

Dari angka tersebut, Indonesia dan Jatim memiliki kesempatan untuk bangkit dan terhindar dari inflasi serta resesi.

“Kita perlu mengingat bahwa definisi resesi adalah mengalami kontraksi dua triwulan berurut-turut. Kita masih punya 98 persen peluang untuk terhindar dari inflasi. Semoga tidak mengalami itu,” katanya.

Wagub melanjutkan, bahwa 40 komponen penyumbang inflasi sebesar 40 persen lebih tak menyangkut bahan pangan, melainkan bahan bakar, harga PDAM, harga kontrakan, dan faktor lainnya.

“Untuk menyelesaikan masalah inflasi kita tidak bisa menangani masalah pangan saja,” kata dia.

Sementara itu, jika dilihat indeks harga konsumen (IHK) berdasarkan hasil survei biaya hidup (SBH), inflasi Jawa Timur didominasi dari Surabaya dan Malang yang mencapai kurang lebih 80 persen.

By admin