JawaPos.com- Tiga RT di RW 8 Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, terdampak luapan Sungai Jagir. Hal tersebut mengakibatkan beberapa rumah di bantaran sungai dan Jalan Medokan Semampir Indah terendam.

Berdasar pantauan Jawa Pos kemarin (23/2) siang, debit Sungai Jagir cukup tinggi hingga berjarak 20 sentimeter dari tanggul sungai. Terlebih, ditambah hujan deras dan air kiriman dari hulu hingga menciptakan rembesan air di tiga titik dan satu titik lainnya hampir jebol.

’’Sebenarnya tidak jebol keseluruhan, tetapi sudah diatasi teman-teman satgas,’’ kata Kepala Rayon Pemeliharaan Saluran Surabaya Selatan DSDABM Bagus Putra Ardianto kemarin (23/2).

Dia mengungkapkan, satu titik tersebut berada di depan Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM). Satgas saluran langsung memperbaiki dengan menambal ambrolan tanah dengan jaringan bambu. Serta, memperkuatnya dengan karung sirtu agar mengurangi dampak rembesan air.

Hal itu juga dilakukan di tiga titik lain di kawasan RT 4, RW 8, Kelurahan Medokan Semampir. ’’Yang di permukiman itu rembesan juga. Bukan overtop atau melintasi tanggul. Tahun lalu sudah menambah tanggul. Ditambal 132 sentimeter,’’ jelasnya. Meski begitu, pihaknya mendatangkan tiga dump truck berisi karung situ, berjumlah kurang lebih 1.200 sak.

Camat Sukolilo Budi Hermanto menjelaskan, dampak rembesan air itu berpengaruh pada situasi Jalan Medokan Semampir Indah. Termasuk warga yang tinggal di atas bantaran sungai. Kurang lebih dihuni 600 kepala keluarga (KK).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan banyak pihak, termasuk Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, untuk dapat meminimalkan dampak. ’’Kami sudah pantau sejak dua hari terakhir. Setelah tahu ada rembesan, langsung ditangani,’’ jelasnya kemarin.

Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Sri Hardini menyatakan, berdasar analisis awal, air Sungai Jagir tidak melintasi tanggul.

Menurut dia, air hanya merembes dari bawah tanggul. ’’Kami akan pelajari dan evaluasi luberan air dan ketinggiannya. Tapi ini dari bawah, tidak meluber melewati tanggul,’’ jelasnya setelah meninjau beberapa titik.

By admin