JawaPos.com–Presiden Joko Widodo optimistis kawasan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, siap digunakan untuk upacara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada Agustus 2024.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi Istana Kepresidenan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara.

”Kawasan ini adalah kawasan istana, Istana Kepresidenan yang saya optimistis tahun depan bulan Agustus insya Allah sudah bisa upacara di sini,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari Antara.

Presiden merinci keyakinan tersebut setelah melihat lanskap IKN yang dapat rampung tahun depan. Kepala Negara menyebutkan, desain Istana Presiden akan sama seperti yang dirancang seniman I Nyoman Nuarta.

”Desainnya sama, tapi juga nanti di lapangan ya mungkin sedikit-sedikit ada penyesuaian dengan kondisi lapangan,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden menyatakan, Istana Presiden di IKN memiliki keistimewaan dibanding dengan istana lain. Istana Presiden di IKN adalah hasil karya terbaik yang dibangun anak bangsa.

Presiden menegaskan, semua bangunan di IKN akan langsung ditempati segera setelah selesai dibangun. Hal itu dilakukan agar keramaian di IKN segera terwujud.

”Kalau ada keramaian berarti perlu restoran, perlu sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, universitas, perlu rumah sakit, perlu klinik, perlu hiburan, perlu mal, dan lain-lain,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden meyakini, IKN akan memberikan daya tarik bagi para investor, baik dalam negeri maupun luar negeri. IKN memiliki nuansa yang berbeda dibandingkan wilayah lain.

By admin