JawaPos.com – Ramadhan Sananta jadi striker lokal dengan statistik mentereng di Liga 1 musim ini. Bomber PSM Makassar itu sudah mengemas sembilan gol dan satu assist. Tiga gol di antaranya dicetak dalam tiga laga terakhir. Keganasan Sananta itulah yang menghantui Persebaya saat menjamu PSM di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, sore nanti (live Indosiar pukul 15.00 WIB).

Pelatih Persebaya Aji Santoso tahu kualitas Sananta. Apalagi, Green Force jadi salah satu korban keganasan striker 20 tahun itu. Penyerang timnas tersebut adalah pencetak gol perdana ketika Persebaya dibabat 0-3 pada putaran pertama di Stadion B.J. Habibie, Parepare. Performa apik itu sampai membuat striker asing PSM Everton Nascimento tersisih.

Sananta jelas jadi ancaman. Apalagi, lini belakang Green Force sedang keropos. Mereka kebobolan sembilan gol dalam tiga laga terakhir. ’’Saya sudah evaluasi. Saya sampaikan ke pemain, melawan PSM koordinasi harus lebih bagus. Sabar, jangan sampai bikin kesalahan tidak penting,’’ kata Aji.

Bek Rizky Ridho juga tidak mau hanya fokus ke Sananta. ’’Saya rasa semua pemain PSM berbahaya, bukan hanya Sananta,’’ ucapnya.

Persebaya mungkin juga memainkan starter striker lokal. Paulo Victor memang sudah sembuh dari cedera. Begitu juga dengan Sho Yamamoto. Keduanya sudah ikut dalam sesi official training (OT) kemarin pagi. ’’Tapi, apakah keduanya akan turun sebagai starter atau pengganti, kami akan lihat besok (hari ini),’’ ungkap Aji Santoso.

Dalam sesi OT, Aji menjajal Januar Eka sebagai striker. Kemungkinan dia diplot jadi ujung tombak utama. Bedanya, statistik Januar jauh di bawah Sananta. Mantan striker Badak Lampung itu baru mengemas satu gol dari 12 laga. ’’Tapi, kami punya materi pemain muda yang sama dengan PSM. Laga ini akan jadi gengsi pemain muda. Pemain muda harus punya pride untuk tidak mau kalah,’’ tegas Aji.

Para pemain juga sudah move on dari kekalahan telak 0-4 melawan Bali United (18/2). ’’Pemain sudah semangat dan siap untuk bangkit. Kami harus bisa meminimalkan kesalahan,’’ kata Ridho.

Selain itu, status pemuncak klasemen tidak membuat Aji gentar. ’’Kami harus berusaha semaksimal mungkin menang di kandang. Saya mohon dukungan dari Bonek,’’ ujar Aji.

Justru Bernardo Tavares yang waswas. Pelatih PSM itu tahu rekor buruk timnya ketika away ke Persebaya. Sejak promosi ke Liga 1 pada 2018, sudah dua kali PSM dijamu Persebaya. Hasilnya, tim Ayam Jantan dari Timur selalu menelan kekalahan. ’’Jika kami menang, kami akan mengubah sejarah. Semoga hasil laga berpihak kepada kami dan catatan sejarah bisa berubah,’’ beber pelatih asal Portugal itu.

Tavares tidak peduli bagaimana timnya meraih kemenangan. Termasuk apakah Sananta akan bisa melanjutkan tren positifnya. ’’Saya tidak masalah siapa pun yang mencetak gol untuk PSM. Entah itu kiper, bek, atau winger. Bahkan, kalau pemain lawan mencetak gol bunuh diri, saya akan senang. Yang penting tim kami bisa menang,’’ tegas pelatih 42 tahun itu.

Bek PSM Yuran Fernandes memastikan bakal habis-habisan. Dia tahu Paulo Victor dan Sho Yamamoto bisa saja turun di babak kedua. ’’Tugas saya hanya membantu tim. Saya sudah berlatih intens dengan pemain bertahan lainnya. Kami akan memberikan yang terbaik,’’ terang Yuran.

PERKIRAAN PEMAIN

Persebaya Surabaya (4-3-2-1): 52-Andhika Ramadhani (g); 33-Koko Ari, 23-Rizky Ridho, 4-Leo Lelis, 37-Alta Ballah; 71-Rizky Dwi, 88-Alwi Slamat (c), 74-Denny Agus; 8-Andre Oktaviansyah, 10-Ze Valente; 90-Januar Eka

Pelatih: Aji Santoso

PSM Makassar (3-5-2): 30-M. Reza Pratama (g); 5-Erwin Gutawa, 4-Yuran Fernandes, 47-Agung Mannan; 22-Yance Sayuri, 48-M. Arfan, 45-Akbar Tanjung, 39-Kenzo Nambu, 11-Yakob Sayuri; 80-Wiljan Pluim (c), 9-Ramadhan Sananta

Pelatih: Bernardo Tavares

Venue: Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik

Live: Indosiar pukul 15.00 WIB

PERFORMA DI LIGA 1 2022–2023

PERSEBAYA SURABAYA

Laga: 23

Gol: 35

Kebobolan: 30

Assist: 29

Shot: 237

Shot on goal: 109

Umpan: 6.067

Tekel: 305

Sapuan: 223

Intersep: 467

PSM MAKASSAR

Laga: 25

Gol: 47

Kebobolan: 20

Assist: 30

Shot: 275

Shot on goal: 146

Umpan: 2.698

Tekel: 303

Sapuan: 261

Intersep: 507

SUMBER: LIGA INDONESIA BARU

By admin