JawaPos.com – Para korban banjir bandang yang menerjang Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Kalibaru, mendapat dukungan bantuan dari Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero). BUMN sektor perkebunan ini menyalurkan bantuan sebesar Rp 250 juta kepada korban banjir di sana.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani, mengatakan, bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk realisasi dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan guna meringankan beban warga terdampak banjir bandang yang terjadi pada November 2022 lalu.

“Bantuan ini memang tidak bisa menyelesaikan masalah. Tetapi, semoga akan membantu para korban,” kata Abdul Ghani, usai serah terima bantuan tersebut.

Bantuan uang tunai itu, kata Abdul Ghani, akan disalurkan kepada masyarakat melalui Kantor Kecamatan Kalibaru dan diteruskan ke desa-desa untuk membantu warga terdampak banjir. “Diserahkan ke Camat dan Kepala Desa, karena mereka yang tahu kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Uluran tangan kepada korban banjir bandang di wilayah tersebut, sebelumnya juga telah dilakukan oleh PTPN XII, salah satu anak usaha Holding Perkebunan Nusantara, beberapa hari setelah kejadian, tepatnya pada 3 November 2022 yang lalu.

Bantuan yang diserahkan, antara lain berupa beras, minyak goreng, susu bubuk, mie instan, gula pasir dan popok bayi untuk memenuhi keperluan sehari-hari para korban bencana, selain juga memberikan bantuan berupa alat berat, truk serta puluhan personal untuk mengevakuasi material yang terbawa banjir bandang.

Sementara itu, Camat Kalibaru, Susanto Wibowo, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah disalurkan PTPN Group kepada warganya yang terdampak musibah banjir bandang. Berkat sumbangsih dari berbagai pihak, kata dia, dampak banjir yang terjadi tiga bulan lalu berangsur-angsur tertangani. “Harapannya, bantuan yang disalurkan akan membantu pembenahan-pembenahan yang belum rampung,” ujarnya.

 

By admin