JawaPos.com – Perilisan iPhone 14 Pro dan Pro Max menghadirkan fitur baru dan menarik yang dikenal sebagai Dynamic Island. Fitur tersebut memungkinkan pengguna berinteraksi dengan musik dan notifikasi masuk di “pulau virtual” yang ditampilkan di layar smartphone mereka.

Meski fitur ini hanya tersedia di perangkat Apple, banyak pengembang aplikasi Android telah mencoba membuatnya. Selanjutnya, banyak pembuat smartphone Android kini juga dikabarkan akan merilis ponsel dengan layar demikian.

Hal ini karena menggunakan aplikasi dan bukan fitur asli, fungsinya jadi sering kali memiliki batasan. Termasuk kebutuhan untuk beralih ke versi berbayar untuk fungsionalitas penuh dan masalah terkait privasi karena memberikan akses aplikasi pihak ketiga ke informasi sensitif.

Terlepas dari tantangan ini, muncul rumor bahwa Huawei sedang mempertimbangkan untuk menggabungkan Dynamic Island sebagai fitur asli pada smartphone Nova 11 mendatang. Ini akan menjadikan Huawei salah satu pabrikan Android pertama yang menawarkan fitur ini secara native.

Di Huawei Nova 11, layar Dynamic Island ala iPhone 14 Pro Series juga akan menjadi bagian dari sistem operasi HarmonyOS perusahaan. Sumber rumor menunjukkan bahwa Huawei sedang mengerjakan versi Dynamic Island-nya sendiri terlepas dari bayang-bayang meniru Apple.

Dilansir dari Gizchina, namun informasi ini masih sebatas rumor. Hingga pengumuman dan peluncuran resmi dilakukan oleh perusahaan yang masih panas dengan Amerika Serikat (AS) lantaran perang dagang dengan Tiongkok ini, yang menanti fitur tersebut di Android masih harus bersabar.

Meski demikian, prospek Dynamic Island menjadi fitur asli pada smartphone Huawei merupakan perkembangan yang menggembirakan bagi pengguna Android yang tidak dapat menikmati fitur ini di perangkat mereka.

Selain itu, jika rumor tersebut ternyata benar, akan menarik untuk melihat bagaimana Dynamic Island versi Huawei dibandingkan dengan versi Apple dan bagaimana pengaruhnya terhadap pasar smartphone Android.

By admin