JawaPos.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penyesuaian tujuh rute Mikrotrans Transjakarta. Hal itu lantaran sejumlah ruas jalan di ibu kota terendam banjir.

Melalui akun Twitter resminya, @PT_Transjakarta mengumumkan penyesuaian rute itu melalui berbagai cuitan yang juga dikeluhkan pelanggan.

Berikut tujuh rute Transjakarta dan Mikrotrans yang disesuaikan:

1. Layanan Mikrotrans JAK-30 Grogol-Meruya via Roxi sementara tidak melayani karena adanya genangan air di sekitar Medit dan Pasar Patra.

2. Layanan Mikrotrans JAK-80 Rawa Buaya-Rawa Kompeni mengalami pengalihan rute karena adanya genangan air di sekitar Jalan Kamal Raya. Sementara tak melayani pemberhentian Pasar Kamal-Alfamart Kampung Belakang untuk kedua arah.

3. Layanan Mikrotrans JAK-43 Cililitan-Tongtek mengalami pengalihan rute karena adanya genangan air di sekitar Jalan Bukit Duri. Sementara tak melayani pemberhentian Pertigaan Bukit Duri-Mushola Al Hidayah untuk kedua arah.

4. Layanan Mikrotrans JAK-85 Cipinang Indah-Pasar Bintara mengalami perpendekan rute karena adanya genangan air di sekitar Komplek Cipinang Indah. Sementara tak melayani pemberhentian Cipinang Indah-Jalan Cendrawasih untuk kedua arah.

5. Layanan Mikrotrans JAK-02 Kampung Melayu-Duren Sawit mengalami pengalihan rute karena adanya genangan air di sekitar Komplek Cipinang Indah. Sementara tak melayani pemberhentian H Bunen-Gerbang Mall Cipinang Indah untuk kedua arah.

6. Layanan Mikrotrans JAK-18 St Kalibata-Kuningan Madya mengalami pengalihan rute karena adanya genangan air di sekitar Jalam Bukit Duri. Sementara arah Kalibata tak melayani pemberhentian Gang Manggis-Pertigaan Tebet Raya.

7. Layanan Mikrotrans JAK-15 Tanjung Priok-Bulak Turi mengalami pengalihan rute karena adanya genangan air di sekitar Jalan Madya kebantenan. Sementara arah Marunda tak melayani pemberhentian Kelurahan Marunda-pemberhentian Wisma.

Sebelumnya, hujan deras yang tak berhenti turun di daerah DKI Jakarta sejak semalam membuat 6 ruas jalan masih banjir hingga pagi ini. Hal itu membuat warga banyak mengeluhkan bus Transjakarta yang mogok hingga terhambat jalan lantaran banjir.

Menanggapi hal itu, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengaku telah mengirimkan bus kosong ke halte-halte yang sudah padat pelanggan di rute yang sudah disediakan.

“Melakukan percepatan mengirimkan bus kosong ke halte yang padat pelanggan,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (24/2).

Selain itu, Aspri juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan bus Bantuan Koridor Operasional (BKO) dari rute terdekat yang bus Transjakartanya mengalami kendala macet ataupun mogok.

Jika berkembangnya waktu banjir di ruas jalan Jakarta semakin tinggi, ia mengatakan pihaknya akan melakukan pengalihan rute.

“Jika pengalihan sudah tidak dimungkinkan maka melakukan perpendekan rute,” jelasnya.

“Jika semua perpendekan sudah tidak bisa dilakukan stop operasi,” pungkas Aspri.

By admin