JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mempermasalahkan masyarakat tidak menggunakan masker di luar ruangan. Sebab saat ini, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut.

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa PPKM telah dicabut di akhir 2022 yang lalu. Jadi kalau tadi Pak Gubernur Kalimantan Timur menyampaikan yang pakai masker itu dianggap agak sakit, nggak salah pak Gubernur, nggak salah, karena memang PPKM sudah dicabut,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara pengarahan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/2).

Kepala negara tak mempermasalahkan, apabila terdapat masyarakat yang tidak menggunakan masker di luar ruangan. Namun, ia juga tak mempermasalahkan jika ada masyarakat yang menggunakan masker di dalam ruangan demi kesehatan.

“Jadi, apalagi diluar ruangan, sudah tidak wajib pakai masker. Tetapi di dalam ruangan, kalau ada yang masih pakai masker juga diperbolehkan, demi kesehatan,” papar Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengharapkan daya beli masyarakat mengalami peningkatan setelah PPKM dicabut. Hal ini penting, sebagai upaya peningkatan stabilitas ekonomi nasional.

“Setelah PPKM dicabut kita harapkan di 2023 ini konsumsi masyarakat, belanja masyarakat itu akan mengalami kenaikan, yang itu akan memunculkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,” ungkap mantan gubernur DKI Jakarta itu. (*)

By admin