JawaPos.com- Penyerapan air SPAM Umbulan untuk kebutuhan air bersih warga Sidoarjo mendapatkan support pemkab. Melalui Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (PPCKTR), pemkab akan membangun jaringan pipa air bersih di lima kecamatan.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas PPCKTR Sidoarjo Slamet Budiarto menyatakan, lima kecamatan itu adalah Jabon, Porong, Candi, Gedangan, dan Sedati. Namun, pembangunan jaringan itu diprioritaskan di wilayah yang sudah ada distribution center (DC).

Pembangunan jaringan tersebut sebagai upaya untuk memenuhi target penyerapan debit air dari SPAM Umbulan. Dengan membangun jaringan perpipaan di lima kecamatan tersebut maka akan dapat melayani sebanyak 12 ribu sambungan rumah.

Budi menyebutkan, saat ini progres pembangunan itu masih dalam tahap persiapan. Pihaknya sedang melelang jasa konsultan manajemen pembangunan tersebut. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 3,5 miliar.

Selanjutnya, pembangunan dilakukan bertahap. “Targetnya sebelum akhir tahun tuntas dan warga sudah bisa teraliri air bersih,” kata Budi seperti dilansir Jawa Pos Radar Sidoarjo.

Dia menjelaskan, perluasan cakupan layanan air bersih itu sebagai wujud tanggung jawab pemerintah untuk memenuhi hak masyarakat atas akses terhadap air bersih. Karena itu, setiap tahun akan selalu dilakukan penambahan jaringan. Namun, jumlahnya beragam sesuai dengan rencana kerja.

Tahun ini, target penyerapan air Umbulan Perumda Dela Tirta sebanyak 720 liter per second (lps). Untuk bisa memenuhi target tersebut, selain dari pemkab, juga ada bantuan dari pemerintah pusat dan dari Perumda Delta Tirta sendiri.

By admin