JawaPos.com–Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan mencatat calon jamaah haji tahun ini yang terkonfirmasi batal berangkat ke Tanah Suci ada sebanyak 370 orang per Februari 2023.

”Ada 370 orang batal rencana perjalanan hajinya,” kata Humas Kemenag Sumsel Qudus seperti dilansir dari Antara di Palembang.

Menurut dia, berdasar laporan yang dihimpun pada sistem informasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sumsel, sebagian besar disebabkan calon jamaah haji wafat atau meninggal dunia.

”Sebagian besar calon jamaah haji itu (yang batal) berasal dari Kota Palembang,” terang Qudus, didampingi Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sumsel Armet Dachil.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Haji Kemenag Kota Palembang Hermansyah mengatakan, per Februari 2023 terdata cukup banyak calon jamaah haji yang membatalkan porsi hajinya. Kendati demikian dipastikan pembatalan perjalanan haji tersebut bukan karena adanya kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

BPIH tahun 2023 ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp90 juta dengan rincian Bipih sebesar Rp49,8 juta atau 55, 3 persen dari total BPIH dan nilai manfaat sebesar 40,2 Juta atau 44,7 persen.

”Bukan batal karena naiknya BPIH. Rata-rata pembatalan karena meninggal dan alasan lain,” tutur Hermansyah.

Dia menyebutkan, bagi para calon jamaah haji yang meninggal dunia tersebut sebagaimana ketentuannya dapat digantikan ahli waris. Di mana, orang yang akan menggantikan tersebut dapat melanjutkan uang tabungan yang sudah disetorkan calon jamaah haji sebelumnya.

”Ada belasan orang yang digantikan ahli waris. Tapi kalau tidak ada pengganti yang meninggal dunia itu uangnya dikembalikan,” ucap Hermansyah.

Berdasar data Kementerian Agama, total kuota haji Indonesia pada tahun ini sebanyak 221.000 orang yang terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler ditambah 17.680 jamaah haji khusus, serta 4.200 untuk petugas haji.

Jumlah kuota haji tahun ini juga meningkat dibanding total kuota pada tahun sebelumnya 100.051 jamaah. Kementerian Agama juga masih berharap mendapat tambahan kuota haji tahun ini.

By admin