JawaPos.com – Presiden Joko Widodo kembali berbicara soal hilirisasi di acara Muktamar XVIII Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah yang digelar kemarin (22/2). Dia meyakinkan bahwa hilirisasi itu harus mendapat dukungan seluruh pihak.

Menurut Jokowi, hilirisasi industri merupakan upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju. Sebuah negara dikatakan maju jika negara-negara lain telah memiliki ketergantungan terhadap suatu produk.

Jokowi menerangkan, Indonesia punya keuntungan karena memiliki bahan mentah untuk pembuatan baterai kendaraan listrik. Karena itu, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi negara maju. Salah satunya melalui ekosistem industri kendaraan listrik. Sebab, semua komponen yang dibutuhkan kendaraan listrik ada di negeri ini.

TABUH GENDANG: Jokowi bersama Megawati, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (dua dari kanan), Gubernur Kaltim Isran Noor (dua dari kiri), dan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto (kanan) membuka Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan kemarin (SETPRES)

“Karena nikel kita memiliki, tembaga kita memiliki, timah kita memiliki, bauksit kita memiliki, semua komponen yang dibutuhkan mobil listrik ada semuanya di sini,” ungkapnya.

By admin