JawaPos.com – Guru Besar Ekonomi Politik IPB yang juga sekaligus salah satu pendiri Lembaga kajian Ekonomi INDEF, Prof. Dr. Didin S. Damanhuri akan meluncurkan buku sekaligus gagasan sistem ekonomi berjudul Nusantaranomics. Buku yang akan diluncurkan pada 27 Februari pekan depan di Jakarta itu ditulis untuk menyongsong Indonesia menjadi negara maju di 2045.

Peluncuran buku ini dihelat dalam sebuah simponsium yang mengangkat tema Nusantaranomics: Kebangkitan Ekonomi Daerah Menyongsong Indonesia Emas 2045.

Ketua Pelaksana simposium dan lokakarya nasional Nusantaranomics, Eka Sastra dalam keterangan resmi yang diterima menuturkan, peluncuran buku ini juga akan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Menteri BUMN Erick Thohir.

“Kehadiran ketiga menteri dapat dibilang bentuk dukungan bagi sistem ekonomi Nusantaranomics yang bertujuan menyejahterakan bangsa Indonesia. Ketiga menteri akan menjadi pembicara dan memberi sambutan,” jelas Eka.

Simposium ini rencananya dihadiri 1.000 peserta dari Pemerintah Daerah, sejumlah perwakilan lembaga seperti IPB, APKASI, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), dan KADIN.

Sementara itu, Direktur Eksekutif APKASI, Sarman Simanjorang menilai bahwa Nusantaranomics dapat menjadi rujukan bagi kepala daerah dalam mengambil kebijakan. Buku Nusantaranomics sendiri disebut merupakan sebuah sistem ekonomi-politik yang berlandaskan ekonomi lokal, bersumber dari nilai-nilai budaya yang sudah berkembang lama di masyarakat nusantara.

“Harapan kita adalah dapat melihat (potensi terpendam sektor ekonomi) dalam berbagai aspek. Baik dari sisi investasi, bahkan sampai pariwisata yang terdapat pada daerah masing-masing,” ujarnya.

 

By admin