JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Zainudin Amali telah meminta mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Hal ini setelah Zainudin Amali terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai kemungkinan besar posisi Menpora akan tetap diisi oleh kader Partai Golkar. Ia menyebut Golkar memiliki banyak kader yang potensial.

“Secara etis, posisi Menpora yang kosong itu sebaiknya kembali diisi oleh kader partai Golkar. Tidak ada isu mendesak yang membuat presiden harus mengurangi posisi menteri dari salah satu partai besar yang menjadi pendukung utamanya,” kata Saidiman kepada wartawan, Kamis (23/2).

Bahkan, sejumlah nama yang berpotensi menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menpora mulai bertebaran. Beberapa nama yang muncul di antaranya, Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily, Ketua AMPG Ilham Permana, dan Ketua AMPI Dito Ariotedjo.

Saidiman mengakui, merupakan hak prerogatif presiden dalam menentukan pilihan menteri Kabinet Indonesia Maju. Namun, Presiden Jokowi perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan pengganti Zainudin Amali.

Pertama, tokoh tersebut memiliki rekam jejak yang baik di bidang olahraga dan kepemudaan. Kedua harua loyal kepada pemerintah. Ketiga, memiliki kapabilitas yang baik. Keempat, tokoh tersebut memiliki akseptabilitas yang baik atau relatif bisa diterima oleh banyak kalangan. Kelima, memiliki integritas, tidak terkait dengan kasus pelanggaran hukum apa pun.

Saidiman menilai, Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily sosok yang layak untuk dipertimbangkan. Menurutnya, Ace memiliki rekam jejak yang baik sebagai aktivis kepemudaan.

“Ace juga memiliki kapasitas yang sangat baik dengan rekam pendidikan formal sampai tingkat doktoral di bidang kebijakan publik. Ini sangat dibutuhkan untuk mendorong reformulasi dan perbaikan manajemen kebijakan di lingkungan Kemenpora, khususnya sektor olah raga. Ace juga adalah tokoh Golkar yang relatif bersih dan populer,” ucap Saidiman.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan, pihaknya akan menyiapkan kader terbaik pengganti Zainudin Amali jika telah resmi mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Ia menyebut, Golkar mempunyai banyak pilihan kader berkualitas.

“Tentu kalau Golkar kadernya banyak, untuk yang mana pun kita bisa siapkan,” ungkap Airlangga di Jakarta, Selasa (21/2).

Meski demikian, Airlangga masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo mengenai pergantian Menpora. Ia juga enggan bicara siapa pengganti Zainudin Amali di kabinet dan menyerahkannya kepada Jokowi.

“Tergantung Bapak Presiden, karena itu kan hak prerogratif Presiden,” pungkas Airlangga.

By admin