JawaPos.com – Jumlah ruas jalan tol yang melintas di Jatim segera bertambah. Terakhir, pemerintah memastikan untuk merealisasikan rencana pembangunan tol Gresik–Tuban.

Rencana itu telah disepakati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan kabupaten/kota yang dilintasi tol. Tahap awal proyek itu juga sudah berlangsung. Mulai penyusunan trase hingga desain tol. Jika semuanya berjalan mulus, tahap konstruksi dimulai pada 2025.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim Edy Tambeng menyatakan bahwa pembahasan terkait trase jalan telah dilakukan. ’’Dalam pembahasan trase itu, setiap daerah yang dilintasi tol memberikan usulan dan sudah difasilitasi,’’ katanya.

Setelah trase dan desain rampung, tahap berikutnya segera dilakukan. Di antaranya, pembuatan amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) dan dilanjut tahap pembebasan lahan.

Dia menambahkan, seluruh kepala daerah di wilayah lintasan tol sudah sepakat. Tinggal menentukan lahan-lahan yang dibebaskan. ’’Untuk desa-desa mana yang dilintasi, masih belum final. Yang jelas, semua kepala daerah punya komitmen,’’ katanya.

Sesuai dengan desain awal yang telah dibuat, tol baru itu memiliki rute Gresik–Lamongan–Tuban. Ruas tersebut mengoneksikan tol Surabaya–Gresik serta tol Demak–Tuban yang segera dibangun. Adapun estimasi anggaran yang diperlukan untuk pembangunan tol Gresik–Tuban mencapai Rp 21,96 triliun.

Lantas, kapan jalan tol dibangun? Edy menyatakan bahwa hal itu bergantung pemerintah pusat. Namun, mengacu rencana awal dari Kementerian PUPR, pembangunan direncanakan dimulai 2025. ’’Proyek akan dimulai setelah pembebasan lahan berjalan,’’ katanya.

Edy menegaskan bahwa pembangunan jalan tol Gresik–Tuban amat penting. Terutama mendorong perkembangan sektor industri di Gresik dan wilayah pantai utara (pantura) Jatim. Saat ini sejumlah kawasan industri baru bermunculan di sana. Sebagaimana JIIPE di Gresik.

Di sisi lain, pemerintah segera memulai tahap pembangunan tol Demak–Tuban sepanjang 179,55 kilometer. Kementerian PUPR menargetkan tender pembangunan senilai Rp 55,7 triliun bisa terlaksana tahun ini.

SEPUTAR TOL GRESIK–TUBAN

– Panjang tol mencapai 60,55 kilometer

– Tol ini melintasi Gresik, Lamongan, dan Tuban

– Jumlah simpang susun sebanyak 3 titik

– Di sepanjang jalan tol, dibangun 49 crossing jalan

Sumber: Dinas PU Bina Marga Jatim

By admin