JawaPos.com – Zainudin Amali dipastikan segera meninggalkan jabatan menteri pemuda dan olahraga (Menpora). Presiden Joko Widodo mengonfirmasi permintaan mundur Amali meski belum diajukan dalam surat resmi.

”Tertulis belum, informal sudah,” kata Jokowi perihal pengunduran diri Menpora Amali setelah terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI. Dengan kata lain, belum ada dokumen yang diterima Jokowi.

Meski sudah rembukan, Jokowi mengaku belum ada pandangan siapa yang menggantikan Amali. Presiden tetap menunggu surat resmi terlebih dahulu. ”Setelah itu, baru saya bicara,” ucapnya kemarin (21/2).

Secara terpisah, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, keputusan mengenai siapa yang akan menggantikan Amali merupakan hak prerogatif presiden. Sebagai informasi, Amali merupakan kader dari Partai Golkar. Biasanya, apabila ada kekosongan atau pergantian, akan diisi kader dari partai yang sama. ”Bergantung Bapak Presiden, karena itu kan hak prerogatif presiden,” ujarnya seusai launching Perpres Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi di Jakarta kemarin.

Kendati begitu, Airlangga mengatakan telah menyiapkan banyak opsi jika memang dipercaya kembali mengisi posisi tersebut. Menurut dia, Golkar memiliki banyak kader. ”Untuk yang mana pun, kita bisa siapin,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI Lisda Hendrajoni mengapresiasi keputusan Zainudin Amali yang akan mundur dari kursi Menpora dan fokus memperbaiki tata kelola sepak bola setelah terpilih sebagai Waketum PSSI. Harapannya, Amali bisa ikut memperbaiki kualitas sepak bola nasional. ”Semoga kelak kualitas persepakbolaan Indonesia semakin baik,” ujar Lisda.

Sementara itu, ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tadi malam, Zainudin Amali enggan berkomentar terkait pengunduran dirinya sebagai pembantu Presiden Jokowi. ”Saya hanya mau berbicara soal tim nasional Indonesia. Di luar itu, no comment,” kelitnya setelah pertandingan Indonesia U-20 versus Guatemala U-20.

Awak media terus mencoba meminta Amali berkomentar soal pengunduran dirinya sebagai Menpora. Tapi, dia tetap tidak mau menjawab. ”Urusan saya hanya timnas. Soal yang itu (pengunduran diri sebagai Menpora, Red) saya tidak mau bicara,” tegasnya.

Amali datang ke SUGBK sebagai wakil ketua umum PSSI. Karena itu, dia hanya meladeni pertanyaan seputar sepak bola. Amali juga menjawab pertanyaan seputar rencana pembangunan training center timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rencananya, hari ini Presiden Jokowi dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir terbang ke IKN untuk meninjau lokasi yang disiapkan sebagai training center timnas Indonesia.

Eko Setiawan, anggota Komite Eksekutif PSSI, mengaku sudah mengetahui perihal pengunduran diri Amali dari jabatan Menpora. ”Secara surat belum. Pak Amali mau fokus mengurus sepak bola,” terangnya.

By admin