JawaPos.com – Persija Jakarta gagal menutup pekan ke-25 Liga 1 2022–2023 sebagai pemuncak klasemen sementara. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu terpeleset di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, setelah kalah 1-2 oleh Bhayangkara FC. Hasil tersebut membuat posisi Persija merosot ke urutan ketiga klasemen sementara.

Pasca kegagalan itu, Macan Kemayoran berambisi mengejar ketertinggalan poin dari Persib Bandung dan PSM Makassar. Target itu akan coba direalisasikan saat tim ibu kota menjamu Barito Putera sore ini di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat (live Indosiar pukul 15.00 WIB).

Namun, misi tersebut bisa jadi sulit untuk diwujudkan. Sebab, dalam pertandingan sore ini, banyak pemain penting yang absen. Dony Tri Pamungkas, Ginanjar Wahyu, Alfriyanto Nico, dan Muhammad Ferarri sudah bersama tim nasional Indonesia U-20. Ondrej Kudela cedera. Lalu, Abdulla Yusuf Helal dan Hanno Behrens sedang tidak fit. ’’Pemain asing kami yang available tinggal Michael Krmencik,’’ ujar Thomas Doll, pelatih Persija Jakarta.

Pelatih berpaspor Jerman tersebut menyadari situasi itu sangat sulit. Terutama lini belakang. Doll sebenarnya masih ingin lebih lama memanfaatkan tenaga Ferarri. Meski masih muda, Ferarri tidak tergantikan sebagai right center back. Tapi, pemain jebolan Persija U-20 itu terpaksa diikhlaskan pergi.

’’Sekarang Ferarri sudah pergi. Tidak ada yang senang dengan situasi saat ini,’’ tegasnya. ’’Pendapat saya tetap sama. Ketika mereka (para pemain muda, Red) bermain bagus di kompetisi, maka mereka juga akan bermain bagus di timnas,’’ imbuh mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Meski situasinya sangat sulit, Doll menilai dukungan suporter sebagai pemain ke-12 bisa memberikan dampak yang positif. Selain itu, Doll menilai perkembangan para pemain lokal semakin baik. Syahrian Abimanyu sudah pulih dari cedera. Mantan pemain Johor Darul Ta’zim (JDT) itu juga sudah mengikuti sesi latihan tim.

’’Witan Sulaeman juga sudah semakin banyak mengikuti latihan tim. Sandi Samosir juga sudah kembali dari cedera. Jadi, saya pikir, kami bisa menangani situasi ini,’’ ucap mantan pelatih Hannover 96 tersebut.

Ilham Rio Fahmi, wing back muda Persija, meminta rekan-rekannya untuk melupakan hasil negatif dalam pertandingan melawan Bhayangkara FC. Pemain asal Banjarnegara, Jawa Tengah, itu berharap Persija tidak terpeleset lagi dalam sepuluh pertandingan sisa musim ini. ’’Kalah dari Bhayangkara FC tentu mengecewakan. Tapi, kami semua sudah introspeksi diri. Masih ada sepuluh pertandingan lagi. Kami harus bisa memaksimalkan sisa laga untuk meraih kemenangan,’’ tegasnya.

Sementara itu, pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan tidak melihat absennya sejumlah pilar penting lawan sebagai keuntungan bagi timnya. Menurut pelatih yang akrab disapa RD itu, di bawah kendali Thomas Doll, Macan Kemayoran bisa mewujudkan hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Apalagi, mereka punya rekor bagus jika bermain kandang.

’’Persija sedang bersaing di papan atas. Tentu mereka akan bermain dengan motivasi yang sangat tinggi. Menghadapi mereka, yang kami siapkan tidak hanya taktik, tapi juga motivasi. Saya ingin para pemain berjuang maksimal sampai akhir,’’ ujar mantan pelatih RANS Nusantara FC tersebut.

PERKIRAAN PEMAIN

Persija Jakarta (3-4-2-1): 26-Andritany Ardhiyasa (g/c); 55-Dandi Maulana, 56-Maman Abdurrahman, 23-Hansamu Yama Pranata; 2-Ilham Rio Fahmi, 8-Syahrian Abimanyu, 24-Resky Fandi, 11-Firza Andika; 25-Riko Simanjuntak, 78-Witan Sulaeman; 27-Michael Krmencik

Pelatih: Thomas Doll

Barito Putera (4-3-3): 1-Banoa Norhalid (g); 66-Bagas Kaffa, 3-Yuswanto Aditya, 36-Renan Alves, 82-Aditya Putra Dewa; 14-Nazar Nurzaidin, 13-Bayu Pradana (c), 95-Mike Ott; 17-Ferdiansyah, 11-Gustavo Tocantins, 26-Rizky Pora

Pelatih: Rahmad Darmawan

Venue: Stadion Patriot Candrabhaga

Live: Indosiar pukul 15.00 WIB

By admin