JawaPos.com – Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh aktif melakukan safari politik. Terutama mematangkan koalisi sebelum memutuskan bakal calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024. Hari ini (22/2) Paloh dijadwalkan berkunjung ke DPP Partai Demokrat.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, kunjungan Paloh akan diterima langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). ”Beliau (AHY) akan didampingi Sekjen Teuku Riefky bersama pengurus teras lainnya akan menyambut langsung Pak Surya Paloh,” ujarnya kemarin (21/2).

Menurut Herzaky, ada banyak isu yang akan dibicarakan dua tokoh tersebut. Termasuk menyangkut teknis rencana finalisasi koalisi ke depan. ”Pembentukan sekretariat Koalisi Perubahan, persiapan penandatanganan MoU, dan deklarasi Koalisi Perubahan juga akan menjadi pokok bahasan,” ungkapnya.

Selain persoalan koalisi, Herzaky mengatakan bahwa isu-isu kebangsaan juga akan dibicarakan. Di antaranya, judicial review sistem pemilu proporsional terbuka, gerakan penundaan pemilu, maupun upaya-upaya perubahan dan perbaikan yang harus dilakukan ke depan.

Ditanya soal progres Koalisi Perubahan, Herzaky menuturkan, momentum pembentukan sekretariat, penandatanganan kesepakatan, maupun rencana safari dengan Anies Baswedan sebagai bakal capres masih diatur ritmenya. Dia menyebut hal itu bagian dari strategi. ”Ada kalkulasi mendetail, pembahasan berbagai skenario,” tuturnya.

Secara teori, lanjut dia, politik tidak dilakukan dalam ruang hampa. Setiap aksi selalu memunculkan reaksi. Karena itu, langkah apa pun harus dihitung sebagai upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan.

Yang jelas, dia menilai, saat ini ada harapan besar masyarakat untuk perubahan. Nah, harapan tersebut harus direspons dengan hati-hati. ”Jika dirasa belum saatnya, rencana yang sudah kami sepakati dan kemajuan yang sudah kami capai belum akan kami sampaikan ke publik,” terangnya diplomatis.

Sebagaimana pernah diberitakan, Koalisi Perubahan merupakan salah satu simpul yang mengemuka menyambut Pilpres 2024. Koalisi itu beranggota Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS. Adapun PKS juga dijadwalkan akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Jakarta pada pekan ini. Kabarnya, salah satu agendanya adalah meresmikan dukungan ke Anies Baswedan.

By admin