JawaPos.com – Jaya Suprana membuat pengakuan besar di tengah perhelatan Indonesia Fashion Week (IFW) 2023. Kini, dia sudah mengakui bahwa Tuhan itu ada. Momentum mengakui Tuhan itu setelah melihat secara langsung kemampuan seorang anak tunanetra berusia 8 tahun. Anak itu bernama Michael Anthony yang mampu memainkan karya appassionata.

Pengakuan spritual itu disampaikan saat menyampaikan sambutan pada pembukaan IFW 2023 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (22/2). Dalam sambutannya, Jaya Suprana membanggakan perhelatan fesyen IFW.

Dia meyakini IFW 2023 tidak kalah dengan perhelatan fashion di luar negeri. Alasannya, dia sudah menyaksikan dan merasakan sendiri berbagai macam panggung fashion kelas internasional di sejumlah negara. “Kalau dibilang lebih bagus saya tidak berani. Tapi saya berani bilang kita tidak kalah dengan luar negeri,” kata Jaya Suprana di hadapan para tamu undangan dan penonton.

Lantas Jaya Suprana menceritakan momen dia akhirnya memiliki keyakinan kuat mempercayai bahwasannya Tuhan itu ada. Sebab, sebelumnya Jaya mengaku tidak terlalu percaya dengan keberadaan Tuhan. “Saya sering meragukan (mohon dimaafkan) bahwa Tuhan itu ada. Tapi pada saat itu saya yakin Tuhan ada,” kata Jaya Suprana.

Momen keyakinan mepada Tuhan jadi kuat setelah Jaya Suprana melihat secara langsung seorang anak yang berusia 8 tahun bernama Michael Anthony mampu memainkan karya appassionata. Padahal menurut dia, appassionata termasuk yang paling sulit dimainkan.

Jaya Suprana tahu betul tingkat kesulitan memainkan karya appassionata. Apalagi dia pernah mempelajari itu saat menempuh pendidikan program diploma di Jerman. Dia baru bisa memainkannya setelah belajar secara intensif selama 2 tahun. Itu pun tidak semuanya benar.

“Menurut saya appassionata suatu karya yang paling sulit dimainkan. Karya ini panjang sekali lebih dari jutaan nada dan jutaan jenis irama yang saya pelajari waktu di Jerman,” katanya.

Jaya Suprana percaya ada campur tangan Tuhan di balik kemampuan Michael Anthony yang sangat luar biasa. Seorang anak tunanetra yang tidak dapat membaca notasi, tapi mampu memainkannya tanpa ada kekeliruan sama sekali.

“Saya tanya ke ibunya, siapa yang ngajarin? Ibunya bilang nggak tahu. Ibunya juga nggak tahu appassionata itu apa,” katanya.

Dengan sangat bangga Jaya Suprana mengundang Michael Anthony untuk memainkan alat musik piano. Selain tampil solo, dia juga tampil kolaborasi bersama Iskandar Widjaja dan Syandria.

By admin