JawaPos.com – Drama tersaji saat Persija Jakarta menjamu Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 2022/2023. Macan Kemayoran membutuhkan menit-menit terakhir untuk mengemas poin sempurna setelah menang 2-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (22/2/2023).

Persija sempat dikejutkan dengan gol dari striker Barito, Gustavo Tocantins pada menit ke-32. Namun, Persija dengan cepat merespons ketertinggalan itu melalui gol Rico Simanjuntak tiga menit kemudian. Hingga akhir laga babak pertama, tak ada gol tambahan tercipta.

Jual beli serangan tercipta ketika mereka menjalani babak kedua. Namun, Persija membutuhkan waktu perpanjangan waktu hingga Hansamu Yama Pranata memberikan tiga poin untuk Macan Kemayoran. Bek timnas itu mencetak gol kedua Persija pada menit ke-90+9.

Persija memang layak memenangi duel tersebut. Berdasarkan statistik pertandingan, skuad asuhan Thomas Doll itu memiliki berbagai keunggulan. Contohnya empat kali melakukan tendangan ke gawang, berbanding tiga milik Barito.

Begitu pula dengan penguasaan bola, di mana Persija melakukan 55%. Sementara Barito yang bertindak sebagai tim tamu hanya memiliki 45% penguasaan bola.

Doll semringah menyikapi itu. Pelatih berpaspor Jerman itu menyebut timnya telah melakukan permainan sesuai instruksinya, walau membutuhkan waktu tambahan untuk memenangi duel panas kontra Barito.

Kemenangan itu membuat Persija kini berhak menempati posisi kedua dari 25 pertandingan Liga 1 sejauh ini. Persija mengoleksi 50 poin, sekaligus menempel ketat PSM Makassar selaku penguasa klasemen dengan torehan 53 poin.

Walau begitu, posisi Persija masih rawan digusur rival lainnya. Salah satunya Persib Bandung yang kini menempati posisi ketiga dengan 49 poin, karena Maung Bandung masih memiliki satu pertandingan tersisa yang belum dimainkan. Persib dijadwalkan akan menjamu Arema FC, Kamis (23/2/2023).

Sementara Barito begitu terpukul dengan gol telat Hansamu di pengujung waktu tambahan. Pasalnya, klub asal Kalimantan ini sempat optimistis membawa pulang poin, apalagi mereka sempat unggul lebih dulu berkat Tocantins.

Namun, mereka tak ingin mencari kambing hitam atas hasil tersebut. Mereka memilih fokus menjamu Persib Bandung pada 27 Februari 2023. Itu perlu karena Barito masih terjebak di zona merah saat ini, di mana mereka berada di posisi 16 dengan torehan 22 angka.

By admin