JawaPos.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memastikan Koalisi Perubahan yang digagas bersama Partai NasDem dan PKS, sejauh ini berjalan baik. Pernyataan ini disampaikan AHY setelah mendapat kunjungan dari Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, beserta para jajarannya.

“Kami ingin selalu meyakini antara NasDem, Demokrat dan PKS semakin baik,” kata AHY di kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta, Rabu (22/2).

Putra sulung presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menegaskan, sikap politik yang dipimpinnya telah tegas ingin mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Ia meyakini, Anies mampu membawa perubahan bagi bangsa dan negara.

“Demokrat sudah jelas sikap politiknya resmi, kami sepakat memberikan ruang saudara Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang bisa membawa perubahan,” ucap AHY.

Dalam kesematan yang sama, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan, koalisi yang dibangun bersama PKS dan Demokrat tidak ada perbedaan sedikitpun. Mengingat, PKS dan Demokrat pada rezim pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin merupakan oposisi atau berada di luar pemerintahan.

“Koalisi NasDem, Demokrat dan PKS, tidak ada perbedaan sedikitpun. Kami juga yakin dan percaya masih memiliki optimisme proses pencalonan pemilu baik pilpres dan pileg akan dalam suasana bersahabat, tidak mencekam, tidak merusak persatuan dan semangat kebersamaan. Pilihan boleh berbeda, tapi komit kepada persatuan tetap di atas semua ini,” tegas Paloh.

Terkait bakal calon wakil presiden (cawapres), lanjut Paloh, menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan. Namun, ia tak memungkiri, AHY memang layak disandingkan dengan Anies pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

“Lihat saja orang yang berdiri di sebelah saya ini, potongan ganteng, ini masalah keputusan akhir ada di tangan capres. Mengenai pasangan cawapres serahkan kepada capresnya, jangankan mas AHY, yang lain juga cocok. Jadi kita lihat saja progres yang berlangsung nanti. Tapi yang saya pahami dari seorang AHY, cawapres boleh, enggak juga boleh,” pungkas Paloh.

By admin