JawaPos.com–Transformasi birokrasi layanan kepada masyarakat Surabaya yang semakin mudah ditunjukkan pada era kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji. Salah satunya Pemkot Surabaya memiliki program Lontong Balap (Layanan Online Terpadu One Gate System bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Pengadilan Negeri).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pemkot dan Forkopimda, khususnya PN Surabaya, terus bersinergi dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

”Melalui program Lontong Balap, warga yang ingin mengurus administrasi kependudukan (adminduk) dengan membutuhkan lampiran penetapan pengadilan, tak perlu lagi menunggu selama tiga minggu,” kata Eri.

Sebab, lanjut Eri, pemohon bisa mendapatkan sekaligus pada hari yang sama dengan mengikuti sidang di Mal Pelayanan Publik Siola atau kantor kecamatan serta kelurahan sesuai jadwal.

”Dengan kehebatan Ketua Pengadilan Negeri Surabaya Rudi Suparmono lalu dengan perjuangan para hakim, kita melakukan (Lontong Balap) ada di kelurahan dan kecamatan. Ini lewat aplikasi, setelah daftar, sidang, langsung diberikan (adminduk) hari itu juga,” terang Eri.

Mantan Kepala Bappeko itu berharap masyarakat bisa merasakan perubahan layanan dari pemkot. Dia juga menegaskan bahwa saat ini, penilaian dari para lurah-camat akan disoroti.

”Performa kerja tidak didasari oleh suka dan tidak suka dari pejabat atau atasannya,” ucap Eri.

By admin