JawaPos.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan, pemerintah Indonesia sejak awal telah mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah. Menurut Prabowo, pesawat Hercules TNI AU telah berada di lokasi gempa sejak awal kejadian.

Pernyataan ini disampaikan Prabowo saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan berupa 140 ton bahan makanan yang dibawa empat pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2). “Empat pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI AU yang sudah berada di sana sejak awal pasca gempa,” kata Prabowo.

Menurut Prabowo, bantuan itu merupakan tahap ketiga yang dikirimkan pemerintah Indonesia.Kementerian Pertahanan RI telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah RI pada Sabtu (11/2) dari Lanud Halim Perdanakusuma.

“Misi tersebut dibawa dengan dua pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personel Medium Urban SAR Basarnas (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan,” ungkap Prabowo.

Sebelumnya, Presiden Joko Jokowi melepas empat pesawat untuk membawa bantuan kemanusiaan ke Turki dan Syria. Keempat pesawat itu membawa 140 ton bahan makanan dan logistik lainnya untuk para korban gemba bumi di dunia negara tersebut.

“Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia, dan pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Syria yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya, yang sangat diperlukan disana,” ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2).

Sebelum mengirimkan bantuan bahan makanan dan logistik, kata Jokowi, Indonesia juga telah mengirimkan tim SAR dan bantuan medis, seperti rumah sakit lapangan. Serta pesawat Hercules untuk membantu korban gempa. “Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini, nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana,” ucap Jokowi. (*)

By admin