JawaPos.com- Ramadan sebentar lagi. Salah satu momen yang dinanti pengusaha pusat perbelanjaan. Tren menunjukkan momen Ramadan sering diikuti dengan peningkatan kunjungan di mal. Terlebih, saat ini tidak lagi ada pembatasan seperti tiga tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga diakui General Manager Ciputra World Surabaya Fransiska Lingga. ”Pasti ada kenaikan kunjungan kalau momen Ramadan,” katanya kemarin (20/2). Kenaikan tersebut ditunjang beberapa hal. Untuk tenant pakaian dan kebutuhan rumah tangga, pengelola biasanya mencatat kenaikan kunjungan dan pembelian.

Masyarakat cenderung lebih royal untuk belanja kebutuhan makanan menjelang buka puasa. Mendekati hari H Lebaran, mereka juga rutin mencatat kenaikan pembelian baju Lebaran. ”Jadi, kami prediksi bisa naik sampai 40 persen,” jelas Lingga.

Selain itu, pihaknya optimistis ada peningkatan transaksi di area restoran. Kebiasaan buka bersama, tampaknya, bakal kembali normal tahun ini. Sebab, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) resmi dihentikan. ”Kami juga sekarang berani bikin beberapa program. Termasuk free takjil dan iftar dining festival di waktu tertentu,” ujarnya.

Senior Promotion Manager Pakuwon Mall Dian Apriliana Dewi mengatakan, kenaikan pengunjung diprediksi baru terjadi pada pekan kedua Ramadan. ”Kebiasaannya kalau pekan pertama Ramadan justru agak turun. Baru kemudian naik di pekan kedua,” tuturnya.

Pada pekan pertama, masyarakat cenderung masih berbuka puasa di rumah. Kegiatan buka bersama ramai dilakukan di pekan kedua dan seterusnya. Hal itulah yang diprediksi mendongkrak kenaikan pengunjung di mal hingga 30 persen.

By admin