JawaPos.com – Seri pembuka Formula One (F1) 2023 akan segera digelar, khususnya di Bahrain GP, Bahrain International Circuit, pada 5 Maret 2023. Bagaimana dengan persiapan para kontestan?

Para tim hebat macam Red Bull Racing, Mercedes, hingga Ferrari memang berpacu dengan waktu untuk meningkatkan kecepatan mobil masing-masing. Dan, semua persiapan itu akan terlihat jelas dalam tiga hari pengujian pra-musim di Bahrain.

RB19 Red Bull akhirnya membuka perlindungan

Akan ada antisipasi besar di sekitar Red Bull ketika lampu menyala hijau saat hari pembukaan aksi pada Kamis (23/2/2023), mengingat kita belum melihat mobil Red Bull 2023 yang sebenarnya secara langsung.

RB19 telah dirahasiakan sejauh musim dingin ini, dengan Red Bull meluncurkan livery baru mereka di showcar pada peluncuran di New York sebelumnya.

Red Bull menjalankan mobil untuk pertama kalinya dalam penggeledahan di Silverstone. Tetapi, tidak seperti saingan mereka, juara dunia itu sangat spesifik tentang apa yang mereka lakukan, atau lebih tepatnya, tidak diungkapkan.

Red Bull tidak menawarkan gambar publisitas dari acara tersebut dan hanya merilis klip video pendek di saluran media sosial mereka di mana mobil tersebut tidak dapat dilihat dengan jelas.

Itu menandai pendekatan yang kontras dari tim-tim seperti Mercedes, Ferrari, Aston Martin, Alfa Romeo, Haas, dan Williams, di mana semuanya memberikan beberapa citra dari penggeledahan dan hari pembuatan film masing-masing.

Harapan kini banyak muncul terkait aktivitas di sekitar garasi Red Bull saat RB19 muncul untuk pertama kalinya.

Bisakah Mercedes melupakan kesengsaraan mereka?

Mercedes sangat berhati-hati tentang peluang 2023, tetapi Lewis Hamilton dan George Russell berharap W14 (mobil tunggangan mereka) dapat mendorong mereka kembali ke perebutan gelar tahun ini.

Juara dunia konstruktor delapan kali itu bertekad untuk melupakan kesengsaraan kampanye 2022 – dan W13 mereka yang bermasalah – di belakang mereka, tetapi mengakui bahwa mereka “memulai dari belakang” pada 2023.

Pengujian pramusim akan menjadi momen genting bagi Mercedes untuk melihat apakah sejumlah besar masalah yang melanda penantang mereka tahun lalu benar-benar sudah berlalu. Semua mata akan tertuju pada apakah W14 meluncur di jalan lurus di Bahrain, dan seberapa seimbangnya.

Mercedes, setidaknya sejauh ini, menolak untuk meninggalkan konsep radikal ‘zero sidepod’ mereka, tetapi Wolff memang menyarankan desain tersebut akan direvisi selama musim mendatang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Mercedes sudah tidak asing lagi menjadi berita utama dengan menghadirkan peningkatan besar pada mobil mereka menjelang musim baru, dan masih harus dilihat apakah hal itu akan terjadi lagi di tahun ini.

Akankah Ferrari memenuhi hype awal?

Bukan berarti ini pertama kalinya, tetapi ada sensasi nyata yang membangun di sekitar musim sepi Ferrari.

Ada optimisme bahwa Ferrari telah memperbaiki masalah keandalan mesin yang menghambat kampanye mereka tahun lalu, dan dengan itu mampu merebut kembali performa yang terpaksa mereka korbankan di paruh kedua musim.

Sementara itu, kedatangan kepala tim baru, Frederic Vasseur, telah menanamkan kepercayaan baru ke dalam tim, yang memancarkan kepercayaan diri saat mereka melakukan peluncuran langsung yang berani dan berisiko saat menampilkan debut lagu SF-23 secara langsung di TV di depan Tifosi yang memujanya.

Peluncuran Ferrari yang sukses hanya menambah kegembiraan seputar musim baru. Akankah 2023 akhirnya menjadi tahun antusiasme off-track yang direplikasi dengan kinerja on-track saat tim paling terkenal di F1 itu berupaya mengakhiri paceklik gelar yang panjang?

Berapa banyak mobil yang akan berbeda dari spesifikasi peluncurannya?

Meskipun tim seperti Mercedes, Ferrari, Aston Martin, dan McLaren semuanya telah memilih untuk memberikan gambaran sekilas tentang penantang mereka yang sebenarnya di tahun ini, tim masih akan tertarik untuk menjaga kartu mereka sangat rapat.

Masih harus dilihat berapa banyak dari apa yang terungkap selama musim peluncuran. Intinya, kita akan menyaksikan secara jelas saat mereka menjalani tes pra-musim nanti.

Sudah ada anggapan bahwa desain sayap depan Ferrari yang memicu beberapa intrik bisa jadi adalah red herring. Sementara Red Bull, Alpine, dan Haas mengindikasikan mobil mereka akan terlihat berbeda saat tes.

Tim yang ingin menyembunyikan elemen terbaik dari desain mereka bukanlah hal baru di F1, tetapi akan sangat menarik untuk melihat siapa yang bersedia memberikan yang terbaik tentang mobil mereka pada 2023, dan siapa yang memiliki beberapa kejutan di balik baju mereka.

By admin