JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas empat pesawat untuk membawa bantuan kemanusiaan ke Turki dan Suriah. Keempat pesawat itu membawa 140 ton bahan makanan dan logistik lainnya untuk para korban gemba bumi di dunia negara tersebut.

“Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia, dan pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya, yang sangat diperlukan disana,” kata Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2).

Sebelum mengirimkan bantuan bahan makanan dan logistik, kata Jokowi, Indonesia juga telah mengirimkan tim SAR dan bantuan medis, seperti rumah sakit lapangan. Serta pesawat Hercules untuk membantu korban gempa.

“Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini, nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana,” ucap Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan sejak awal terjadinya gempa di Turki dan Suriah, Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar (Kedubes) melakukan pemantauan langsung di lokasi terjadinya gempa.

“Dubes ktia di Ankara dan Dubes kita di Damaskus telah turun ke lapangan, ke wilaya yang terdampak gempa, untuk memastikan pertama adalah mencari informasi mengenai keselamatan WNI. Kedua, memberikan bantuan pertama yang dapat dilakuan untuk meringankan beban baik pemerintah setempat maupun WNI,” papar Retno.

Retno menuturkan, sejauh ini terdapat empat WNI yang menjadi korban gempa di Turki. Saat ini, dua WNI sudah dimakamkan di Turki dan dua lainnya akan dimakamkan di Indonesia.

“Sehingga pesawat garuda yang akan membawa bantuan ke Turki saat kembali akan membawa dua jenazah tersebut, plus 85 WNI yang terkena dampak dan mereka menginginkan kembali ke Indonesia,” pungkas Retno.

By admin