JawaPos.com–Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak meninjau jalan rusak di jalan ruas Nganjuk-Kediri yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Selama ini, Emil menerima aduan terkait jalan rusak. Namun setelah dicek ternyata kewenangannya ada di kabupaten atau nasional.

”Nah, kali ini, saya nggak nerima aduan tapi nemu sendiri jalan provinsi langsung telepon ke Pak Kepala beliau langsung meluncur ke sini untuk ninjau kondisi jalan rusak, berlubang dan bergelombang parah,” terang Emil.

Emil mengatakan, sumber masalah pada jalan tersebut yaitu tensi kendaraan yang mengangkut material cukup tinggi. Kendaraan-kendaraan itu untuk mendukung pembangunan bandara.

Politikus Demokrat itu menyampaikan, pihaknya mendukung pembangunan bandara. Pemprov akan memastikan penanganan untuk penguatan-penguatan struktur. Kemudian, terkait usia jalan tersebut juga sudah waktunya melakukan penguatan.

”Alhamdulillah sudah teranggarkan di tahun ini, Pak Alif kepala UPT sudah dalam proses untuk penunjukan pihak yang akan melakukan penanganan secara memadai sepanjang kurang lebih 5 km,” ungkap Emil.

Lebih lanjut lagi, Emil juga menyoroti drainase yang dipasang semacam box-box yang dibeton sehingga mengganggu jalannya air. Ditambah lagi sudah terjadi pendangkalan.

”Harusnya secara periodik dilakukan maintenance, kalau nggak nanti selokan ini nggak bisa menjadi tempat penyaluran air, kita akan carikan solusinya agar juga posisinya air itu bisa ngalir,” terang Emil.

Mengenai langkah-langkah solusinya, mantan Bupati Trenggalek tersebut menyebutkan bahwa pihaknya akan fokus pada keselamatan pengguna jalan dengan penanganan jangka pendek yakni menambal terlebih dahulu.

”Walaupun tambalan itu ada risiko nggak awet tapi demi keselamatan pengguna jalan tambal saja dulu sambil diperhatikan terus sambil nunggu kesiapan penanganan,” tambah Emil.

By admin