JawaPos.com – Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia hanya berstatus peringkat keempat alias tim terakhir yang lolos ke babak final four Proliga 2023. Tim asal Jawa Timur itu mengoleksi 13 poin dari 10 pertandingan yang dijalani.

Posisi mereka di bawah Jakarta Pertamina Fastron (JPF) dengan 22 poin, Bandung BJB Tandamata (19 poin), dan Jakarta BIN (18 poin).

Secara head-to-head dengan tim antar-final four, Gresik bisa saling mengalahkan saat menghadapi JPF dan BIN. Namun, untuk BJB, dua kali sudah Petrokimia harus menelan kekalahan.

’’Lawan BJB kami perlu improve,’’ ujar Manajer Petro Nanda Kiswanto kepada Jawa Pos kemarin.

Ya, BJB selalu menjadi batu sandungan bagi Hany Budiarti dkk. Di musim ini, Petrokimia dua kali kalah dengan skor yang agak timpang.

Yakni, sama-sama kalah 1-3 di seri Bandung (19-25, 25-22, 13-25, 18-25). Lalu, kembali kalah 1-3 di seri Gresik saat menjadi tuan rumah (25-27, 15-25, 25-21, 11-25).

Musim lalu, BJB juga membuyarkan mimpi Petro untuk juara Proliga kali pertama setelah tertunduk di babak final dengan skor 1-3 (17-25, 19-25, 25-22, 18-25).

Nah, di final four, Petro mendapat keuntungan.  Pasalnya, pekan perdana diselenggarakan di GOR Tri Dharma, Gresik. Petrokimia akan melawan JPF pada 24 Februari dan Bandung BJB Tandamata sehari setelahnya.

’’Kami tidak bertindak sebagai tuan rumah. Tapi hanya ketempatan tempat saja,’’ bebernya.

Kendati demikian, bermain di GOR Tri Dharma diharapkan bisa meningkatkan mental bertanding pemain.

’’Kami fokus mengoptimalkan keuntungan dukungan masyarakat Gresik untuk tampil all-out dan juga fokus ke formasi dan taktikal baru. Kemarin kami coba di pertandingan terakhir masih belum optimal,’’ ungkapnya.

Pelatih Petro Ayub Hidayat menyatakan, main di rumah sendiri merupakan momen yang harus dimanfaatkan. Ayub menuturkan, tim baru datang pasca kepulangan dari Jogjakarta pada Minggu malam. Karena itu, tim baru latihan Senin sore.

’’Tentu dari semuanya, khususnya dari fisik kan selesai perjalanan panjang. Pastinya ada yang terdampak. Jadi, kami sudah berlatih untuk kembalikan fisik,’’ ujar Ayub.

By admin