JawaPos.com – Segmen SUV kompak masih menjadi tren tahun ini, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) punya senjata baru yang masih dalam status konsep yang diperkenalkan di ajang IIMS 2023. Mitsubishi XFC menjadi nama sport utility vehicle (SUV) yang rencanannya akan meluncur tahun depan.

Kabarnya mobil yang akan berhadapan dengan Honda HR-V hingga Hyundai Creta juga akan diprodusksi lokal di pabrik Mitsubishi yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi. Ini berarti menjadi mobil konsep kedua yang diprodusi lokal di pabrik Mitsubishi di Cikarang.

“Di awal tahun 2024, ya memang rencananya seperti itu. Tentu kami akan mempertahankan desain utama konsep ini, saya yakin akan sangat mirip dengan produksi massal, tapi kemungkinan dimensinya akan lebih besar,” ungkap Director of Product Strategy Division PT MMKSI Hikaru Mii dalam acara konferensi pers di IIMS 2023 (17/2).

Hikaru Mii menambahkan kalau SUV konsep ini dirancang sebagai model baru menggabungan platform mobil yang sudah ada dari Mitsubishi. Diakuinya bahwa konsumen Indonesia juga berkontribusi dalam memberikan masukan dalam hal desain, fitur, hingga performa.

“Sama halnya saat mengembangkan Xpander, kami serius mendengarkan apa yang diinginkan konsumen Indonesia. Ini adalah pengembangan yang kita lakukan buat XFC Concept. Banyak kontribusi dan masukan konsumen dari FGD Group,” tambah dia.

Mitsubishi XFC diklaim mempunyai tiga keunggulan utama mulai dari desain “silky & solid” yang kuat dan mengesankan, interior kabin “compact & spacious” dengan kenyamanan kelas teratas. Serta teknologi dan performa “smart & quality comfort” untuk mendukung petualangan dan kehidupan konsumen di masa depan.

Menggabungkan aura SUV yang kompak namun bertenaga, mobil konsep ini mendukung aktivitas petualangan pengguna dengan memiliki ground clearance yang tinggi. Nantinya mobil ini akan melengkapi jajaran produk Mitsubishi di ASEAN yang saat ini terdiri dari Triton, Pajero Sport, Outlander dan Outlander PHEV, Xpander dan Xpander Cross, Mirage, serta Attrage.

Ciri khas bahasa desain Dynamic Shield melekat erat pada XFC Concept. erlihat pada lampu depannya menggunakan model L atau model bumerang dipadukan dengan desain garis DRL yang terlihat seperti huruf T saat lampu dinyalakan.

Lekukan garis bodi mengalir dari fender depan ke belakang membuat tampilannya gagah. Sedangkan lampu belakang akan membentuk huruf T yang memanjang ke sisi belakang, berikut bumper dengan difusser dan lekukan bodi pada pintu bagasi.

Mobil ini dilengkapi dengan empat mode berkendara, yakni Normal, Gravel, Mud, dan Wet yang merupakan bentuk pengembangan untuk pasar ASEAN. Sayangnya kran informasi terkait spesifikas MMKSI masih belum mau berbicara. Namun menurut MMKSI tampilan versi produksinya nanti tak beda jauh dengan versi konsep. Seperti halnya yang terjadi pada Xpander.

By admin