JawaPos.com – Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama dipastikan sudah masuk ke Istanbul, Turki sejak 12 Februari 2023. Sehari kemudian, Munasir terdeteksi masuk ke Amerika Serikat.

“Berdasarkan informasi yang diterima oleh keluarga melalui UII dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), AMRP terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023,” kata Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (20/2).

Temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP). Namun demikian, lokasi Munasir di Boston belum diketahui secara pasti.

“UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa AMRP menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, AMRP belum bisa dihubungi,” jelas Fathul.

Sebelumnya, Dosen Universitas Islam Indonesia (UII), Ahmad Munasir Rafie Pratama dikabarkan hilang usai melakukan kegiatan di Norwegia. Hilangnya Munasir terjadi saat perjalanan pulang ke Indonesia.

“Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), belum diketahui keberadaannya setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN),” kata Rektor UII, Fathul Wahid dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/2).

Tim UII terdiri dari empat orang saat berangkat ke Norwegia, termasuk Fathul Wahid sendiri. Rektor UII mengunjungi USN untuk mempererat kerja sama kedua universitas, dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa, melalui skema Erasmus+.

Setelah sepekan beraktivitas di USN, tepatnya 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Fathul berjumpa terakhir dengan AMRP di Oslo, pada malam 11 Februari 2023.

By admin