JawaPos.com – Pada Minggu (19/2) sekitar pukul 21.00 WIB, proses pencarian dan evakuasi melalui udara terhadap helikopter Polda Jambi yang jatuh dihentikan. Hal ini disampaikan langsung Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto melalui konferensi pers di ruang posko penyelamatan Provinsi Jambi di bandara Sultan Thaha Jambi.

Kombes Pol. Mulia Prianto Menyampaikan proses pencarian melalui udara di titik koordinat helikopter, terkendala faktor cuaca hujan dan kabut disekitar titik koordinat Bukit Tamia Muara Emat Kerinci.

“Pencarian melalui udara dihentikan malam ini, Minggu (19/2) dan dilanjutkan pencarian ke titik lokasi besok pagi (Minggu, 20 Februari) kembali,” jelasnya seperti dilansir Jambi Ekspres (Jawa Pos Group). “Pencarian dari darat tetap terus dilakukan menuju titik lokasi,’’ sebut Mulia.

Pada Minggu malam (19/2), juga hadir rombongan dari Mabes Polri yang sengaja turun ke Jambi dipimpin Brigjen. Pol. Drs. M. Agus Pranoto, M.H., Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Untuk kondisi, terhubung melalui perangkat radio HT, kondisi Kapolda Jambi dan Rombongan dalam keadaan selamat. Polda Jambi Juga telah menyiagakan tim dokter dan perawat Dokpol Polda Jambi dan sudah berkordinasi dengan rumah sakit Bhayangkara Polda Jambi, Rumah Sakit Daerah Merangin,serta Rumah Sakit Daerah Kerinci apabila dibutuhkan.

“Dan di sini kita memohon doa dari rekan rekan dan masyarakat, agar proses evakuasi berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun,” harap Mulia.

Terpisah, Gubernur Jambi Al Haris meminta doa masyarakat Jambi agar Kapolda Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongannya segera dievakuasi.

‘‘Mohon doa dari seluruh masyarakat Jambi agar bisa segera dievakuasi para korban karena jarak tempat kejadian untuk mengevakuasinya cukup jauh diperkirakan enam jam perjalanan ke lokasinya,’‘ kata Al Haris.

Ia mengatakan saat ini semua penumpang dalam keadaan selamat. Informasi yang didapat untuk menuju ke lokasi di dalam hutan Desa Tamia Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci hanya bisa menggunakan jalur darat.

‘‘Semoga Kapolda dalam keadaan selamat dan bisa segera dievakuasi oleh tim yang sudah bergerak menuju ke lokasi,’‘ kata Al Haris.

Tragedi Hell Bell 412 SP

Kronologi Kejadian
1. Kapolda Jambi beserta rombongan berangkat ke Kerinci dengan menggunakan helikopter, Minggu 19 Februari 2023 Pukul 09:30 WIB dari Bandara Sulta Thaha Jambi menuju ke Bandara Depati Parbo, Kerinci.
2. Kapolda beserta rombongan terbang dari Kota Jambi menuju untuk melaksanakan kunjungan Kerja, Peresmian Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan Kunjungan Mantan Wapres RI Dr. Drs. H. M. Jusuf Kalla di Kerinci.
3. Pada Minggu (19/2) Pukul 11.02 Posko Polda Jambi mendapat laporan dari Kru Heli Bell 412 SP Reg. P-3001 mendarat darurat di titik Koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63” tepatnya Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.
4. Untuk kondisi Penumpang saat ini dalam keadaan selamat

Crew
1. AKP Ali H
2. AKP Amos F
3. Aipda Susilo

Penumpang
1. Kapolda Jambi
2. Dirreskrimum Polda Jambi
3. Dirpolairud Pold Jambi
4. Korpspripim Polda Jambi
5. ADC Kapolda Jambi

Spesifikasi Bell 412

Bell 412 adalah sebuah helikopter serbaguna yang diproduksi oleh Bell Helicopter Textron. Helikopter ini adalah pengembangan dari model Bell 212, perbedaan utamanya terletak pada 4 bilah rotor utama komposit.

Bell 412 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia dinamakan NBell 412.

Spesifikasi Bell 412 SP
– Main rotor blades: 4
– Tail rotor blades: 2
– Main rotor diameter: 14 meter
– Panjang: 17,1 meter
– Tinggi: 4,6 meter
– Lebar: 2,5 meter
– Ketinggian maksimal: 6.094 meter
– Mesin: 2 x Pratt & Whitney PT6T-3BF
– Kecepatan Maksimal: 240 Km/jam
– Jangkauan: 571 Km
– Kapasitas: 13 orang
– Beban eksternal maksimum: 2.040 Kg

By admin