JawaPos.com – MG sukses membuat penggemar tergiur melalui model EV mulai dari ZS, HS, MG5 EV, hingga seri Marvel. Kini giliran konsumen di Indonesia yang selangkah lagi bisa merasakan sendiri sensasi berkendara mobil elektrik menggunakan model termutakhir yaitu MG4 EV.

MG4 EV akhirnya diungkap di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia di tengah sesi pengenalan MG4 EV di IIMS 2023 menyebut, MG4 EV memiliki banyak keistimewaan yang akan memikat pengunjung selama acara berlangsung.

“Keistimewaan MG4 EV tidak hanya semata di penggunaan tenaga yang 100 persen mengandalkan listrik, MG4 EV adalah bentuk totalitas MG dalam menyuguhkan kendaraan yang mengutamakan fungsi, estetika, dan yang terpenting kenyamanan dan keselamatan pengendaranya,” ungkapnya di arena IIMS 2023.

Bentuk inovasi MG di MG4 EV hadir melalui pengembangan Modular Scalable Platform yang akan dijadikan dasar platform pengembangan mobil-mobil EV dari MG di masa depan. Ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan baterai serta pemaksimalan desain kabin yang bertujuan untuk peningkatan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama berkendara.

Di bagian jeroan, MG4 EV disebut sebagai mobil listrik paling bertenaga di Indonesia memiliki kapasitas daya sebesar 51—64 kWh dengan ukuran tertipis di kelasnya, yaitu 110 mm. MG4 EV mampu menyuguhkan daya tempuh hingga 425 km dalam mode NEDC (350 km dalam mode WLTP).

Belum lagi dengan pemulihan tenaga empat mode, hal ini digadang-gadang akan semakin memaksimalkan efisiensi penggunaan daya listrik yang disemburkan. Tidak hanya berguna untuk menggenjot kemampuan mobil untuk disetir jauh, pengguna MG4 EV juga bisa memanfaatkan kapabilitas V2L (vehicle to load) untuk mengisi daya pada e-bike, peralatan camping yang membutuhkan tenaga listrik, atau bahkan peralatan domestik lainnya di kala darurat.

Meski tergantung pada tipe pengisi daya, namun daya baterai pada MG4 EV mampu terisi mulai dari 0—80 persen hanya dalam 35 menit pada mode fast-charging. Bahan pada baterainya yang menggunakan LFP (lithium ferro-phosphate) yang memampukan charging cycle lebih baik dari model baterai EV sebelumnya yang ada di pasaran, serta menjadikannya yang terbaik untuk saat ini di industri teknologi mobil elektrik.

Diberi rating bintang 5 melalui serangkaian uji keselamatan dari Euro NCAP, membuat MG yakin bahwa MG4 EV akan menjadi jagoan selanjutnya, khususnya untuk pasar Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui pembekalan banyak fitur keselamatan canggih di mobil ini.

Di IIMS 2023, MG4 EV hadir dengan desain mencolok dengan kelir biru terang. Avantgarde Inductive Design yang diterapkan pada MG4 EV dibilang MG menjadikan kesan dan karakteristik tampilan model EV menjadi begitu berbeda, tidak hanya di antara deretan modelnya pada saat ini, namun juga di antara model mobil lainnya yang ada di pasaran.

Penerapannya terlihat paling mencolok pada paduan 28 lampu LED dan 6 strip fibre-optic yang terpasang vertikal yang dinamakan LED Galaxy Technology Matrix Headlight serta LED Cygnus Symbol Decorative Taillights di sisi buritan. Ini menjadikan tampilan MG4 EV sangat futuristik, belum lagi dengan dukungan Centre Focus Front Face dengan bentuk u-Shape design pada area wajahnya.

Saat ini, MG membuka kesempatan terbatas bagi 100 orang pertama untuk menjadi pemilik MG4 EV dengan cara reservasi via laman resmi MG. Sementara, jika calon peminat model lainnya, direkomendasikan untuk melakukan transaksi dan pemesanan langsung di booth MG di IIMS walau harga resmi mobil ini belum terungkap.

By admin