JawaPos.com – Google belum lama ini merilis laporan Year in Search 2022 yang menampilkan hasil pengamatannya terkait perilaku konsumen dari tahun ke tahun. Dan, menunjukan bahwa orang Indonesia lebih mendasarkan keputusan pembelian pada aspek kesepadanan terhadap nilai uang atau value for money.

Selain itu, dalam laporannya, Google menyebut bahwa 2022 adalah tahun reuni, relaksasi, dan kebangkitan perjalanan. Oleh karenanya, seiring dengan pelonggaran pembatasan dari pemerintah, masyarakat Indonesia semakin bersemangat untuk kembali bepergian serta merencanakan perjalanan yang penuh makna.

Masyarakat mulai mempersiapkan paspor terlebih dahulu, terbukti dengan minat terhadap topik terkait perjalanan internasional yang melambung hingga 280 persen. Selain itu, laporan ini juga menunjukkan beberapa destinasi wisata terpopuler yang diincar oleh masyarakat Indonesia di mancanegara dan domestik.

Dalam laporannya, Google menyebut ada beberapa destinasi di dunia yang banyak menjadi tujuan wisata. Beberapa Kota di dunia tersebut yakni Kuala Lumpur, Bangkok, Sydney, Melbourne, Doha, Porth, Dubai, Amsterdam, London dan Jeddah.

Yang lebih menarik lagi, masyarakat juga mencari yang cara baru dan berarti untuk merasakan tempat liburan terbaik. Banyak masyarakat yang mulai merencanakan liburan mereka dengan aktivitas baru dan bermakna, baik untuk memenuhi bucket list atau pun sebagai self reward atau self development.

Penelusuran pada topik perjalanan healing meningkat 40 persen. Kemudian, penelusuran pada topik terkait glamping meningkat 40 persen, penelusuran pada event lari dan event sepeda naik 42 persen dan terakhir penelusuran pada topik terkait festival trip melompat lebih dari 90 persen.

Selain tujuan liburan yang lebih bervariasi, masyarakat Indonesia juga terlihat mencari produk-produk portable untuk kemudahan dan kenyamanan saat berwisata. Beberapa peralatan elektronik seperti nano spray dan hair dryer menjadi dua produk yang ditelusuri untuk merencakan liburan.

Selain Kota-kota di dunia, Indonesia juga beberapa masuk sebagai destinasi favorit. Beberapa kota tersebut yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogjakarta, Denpasar, Kuta Selatan, Medan, Semarang, Batam, dan Makasar.

By admin