Sejak masih belia, nama dan paras Mellyana ’’Melly” Manuhutu menghiasi banyak media. Pesohor yang mengawali kariernya sebagai gadis sampul itu lalu dikenal sebagai model, host, penyiar, penyanyi, dan pelakon. Setelah menikah pada 2001, Melly lebih banyak berkiprah di balik layar. Jawa Pos berkesempatan mewawancarai selebritas multitalenta itu pada Kamis (9/2).

Hai Mbak Melly, bagaimana kabarnya?

Baik. Kabar saya baik. Aamiin.

Lama tidak muncul di TV, Mbak Melly belakangan aktif di Instagram. Sekarang kesibukan yang paling menyita waktu apa?

Selain menjadi ibu rumah tangga, sekarang saya baru mau aktif nyanyi lagi. Saya sudah rilis single yang kedua. Judulnya Aku Sudah Lama Menanti. Itu ada di semua platform digital. Single pertama kan 2012. Sekarang lagi persiapan juga untuk single berikutnya dan persiapan untuk rencana yang tertunda puluhan tahun lalu. Saya mau buat konser!

Jadi, bisa dibilang, kreativitas tetap jalan terus meski di balik layar ya, Mbak?

Iya, betul. Karena kita memang harus berkarya terus. Aku, selain nyanyi, juga sempat main webseries pas pandemi. Sebelumnya, sempat juga main film Generasi Micin. Yang terbaru aku main bareng anak aku di webseries Catatan Akhir Sekolah. Itu remake dari film Catatan Akhir Sekolah. Lalu sekarang persiapan rilis single baru dan konser.

Luar biasa ya, Mbak. Rencana konsernya sudah sejauh apa? Kapan dan di mana saja?

Persisnya masih dibicarakan. Yang pasti 2023 ini. Makanya, aku aktif setiap hari di Instagram. Live, stories. Siang, sore, malam. Aku bilang, mungkin yang tahun 1990-an nggak sempat nonton aku, sekarang bisa terobati, bisa punya waktu untuk nonton. Aku nanti keliling Indonesia dan konser terakhir di Jakarta. Aku bikin konser dari (materi) album yang di Jepang tahun 1990, terus 1992, album ketiga di Indonesia, ditambah beberapa single. Totalnya sekitar 32 lagu.

Aktivitas dengan para petani organik apakah masih lanjut?

Masih banget. Kalau lihat Instagram aku, mungkin orang lihat followers-nya sedikit. Tapi, mereka loyal, militan, sangat interaktif. Memang kalau lihat statistiknya, banyak yang seumuran aku. Mereka langganan jus organik, pesen sayur, ke toko juga. Kami intimate istilahnya. Makanya, aku nyanyi lagi karena respons mereka luar biasa. Aku lagi live Instagram pun diminta nyanyi. Padahal, mulai dari jam lima pagi.

Kapan sebenarnya Mbak Melly mulai suka dan aktif berkomunikasi dengan petani organik?

Aku lumayan aktif sejak 2001. Followers aku senang juga. Mereka bilang sangat terinspirasi. Ada beberapa yang nggak tahu hasil pertanian organik jadi belajar. Mereka bikin usaha organik juga. Mereka tanya-tanya aku. Yang penting bagi aku bisa bantu petani Indonesia, pertanian Indonesia. Lebih ke sana aku mikirnya.

Sekarang kerja sama dengan petani organik dari mana saja, Mbak?

Kebunnya dari dulu aku nggak berubah, masih tetap di situ saja. Aku bermitra dengan petani organik di Ciwidey dan Cianjur untuk sayuran. Kalau beras dari Jawa Tengah. Aku yang mengolah jadi katering dan jus. Kalau yang toko bahan-bahan mentahnya itu di Depok. Jadi bisnis keluarga sekarang karena aku nggak bisa pegang semuanya sendiri. Ada kakak juga yang ngurus.

Tadi Mbak Melly sampaikan banyak yang mengikuti dan ada juga yang belum berhasil. Boleh minta saran untuk teman-teman lain yang juga sedang atau baru akan memulai?

Yang pertama, mesti ingat komitmen kita awalnya apa. Kalau aku kan memang mau membantu petani organik Indonesia. Kita kan negara agraris juga, terus aku lihat global warming. Jadi, aku ke situ lihatnya. Memang kita kalau bisnis mesti ada untung. Cuma kalau cara kita mengerjakannya tulus dan tahu yang kita kerjakan, enjoy, pasti yang namanya materi akan datang dengan sendirinya. Yang penting ini banyak manfaatnya. Investasi kesehatan jangka panjang. Bukan kita saja. Petaninya sehat, semua orang yang mengonsumsi juga sehat.

SIAPA MELLY MANUHUTU?

– Model, aktris, penyanyi, bintang iklan berdarah Ambon.

– Satu generasi dengan Anggun C. Sasmi saat berkarier sebagai penyanyi cilik.

– Membuat lagu daerah menjadi hit pada masanya. Yakni, Yamko Rambe Yamko, Tokecang, dan Apuse.

– Salah satu juara Gadis Sampul 1990.

– Tertarik pada pertanian organik sejak 2001 dan menggelutinya hingga saat ini.

– Melly Manuhutu dan Pertanian Organik

– Bagi Melly, pertanian organik adalah bagian dari pengabdian. Yang diupayakan adalah kebaikan para petani organik, produk pertanian organik, olahan hasil pertanian organik, dan semua pihak yang mengonsumsinya.

SUMBER: DIOLAH JAWA POS DARI BERBAGAI SUMBER

By admin