JawaPos.com – Kegiatan Jumat curhat digelar Polda Jawa Timur di Jalan Ikan Duyung, Kelurahan Perak Barat, Krembangan. Di hadapan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto, beberapa pengaduan terkait penyakit masyarakat disampaikan oleh warga.

Fauzy Pattisahusiwa, ketua RW 1 Kelurahan Perak Barat, mengatakan bahwa aksi kriminalitas di lingkungan tempat tinggalnya sedang naik. Sepanjang Februari, aksi pencurian sepeda motor telah tiga kali terjadi.

Aksi pelaku berhasil terekam kamera CCTV. Pelaku beraksi pada pukul 18.00 waktu salat Magrib dan saat salat Subuh. Pelaporan kepada Polsek Krembangan telah dilakukan. Namun, belum ada satu pun pelaku yang berhasil tertangkap.

Selain aksi curanmor, parkir kendaraan sembarangan menjadi keluhan terbanyak dari para warga lainnya. Warga menginginkan kepolisian membantu penindakan terhadap parkir liar tersebut.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, pihaknya bersama Forkopimda Jatim telah mencanangkan program omah rembuk dan siskamling. Revitalisasi siskamling segera dilakukan. Namun untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, pihaknya tidak bisa berjalan sendiri.

Keterlibatan masyarakat memiliki peran penting untuk menyukseskan program omah rembuk dan siskamling. Perkembangan situasi kamtibmas pasca diaktifkannya kembali siskamling dan omah rembuk di lingkungan masyarakat akan terus dipantau.

’’Dalam satu atau dua bulan ke depan, kami targetkan program siskamling dan omah rembuk sudah bisa dikerjakan oleh para forkopimda di setiap kabupaten dan kota di Jawa Timur,’’ kata jenderal bintang dua itu.

By admin