JawaPos.com – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung sampai 26 Februari mendatang menjadi tempat merek-merek sepeda motor listrik untuk merilis koleksi terbarunya. Hal ini memang sebelumnya sudah diprediksi mengingat tren elektrifikasi akan semakin masif dalam beberapa tahun mendatang.

Kehadiran sepeda motor listrik di Indonesia juga bisa menjadi opsi atau pilihan lain bagi masyarakat yang ingin menjajal electric vehicle (EV). Diketahui, harga mobil listrik saat ini masih terlampau mahal bagi kebanyakan masyarakat.

Saat membuka gelaran IIMS 2023 pada Kamis (16/2) lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menekankan semua pihak untuk ikut mendorong penggunaan kendaraan listrik. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mendukung target pemerintah dalam transisi energi sekaligus pengurangan emisi karbon.

Untuk yang tertarik memiliki sepeda motor listrik dan kebetulan ingin mampir ke IIMS 2023, berikut beberapa motor listrik yang baru diluncurkan di ajang tersebut:

Gesits Raya

Gesits, merek motor listrik lokal karya anak bangsa menambah seru ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Di gelaran yang berlangsung sampai 26 Februari mendatang itu, menjadi saksi peluncuran Gesits Raya, motor listrik baru Gesits yang bakal dipasarkan di Tanah Air.

Gesits Raya hadir dengan dua varian, yaitu Gesits Raya E dan Gesits Raya G. Perbedaan keduanya terletak hanya pada kapasitas baterai. Kapasitas baterai sendiri mempengaruhi jarak tempuh motor listrik ini dan ditawarkan mulai harga Rp 25 juta sebagai varian termurah.

Gesits Raya hadir dengan fitur seperti lampu full LED, panel instrumen digital, serta tiga mode berkendara yang hadir sebagai standar di Gesits Raya. Untuk penggeraknya, Gesits Raya mengusung motor sinkron magnet permanen berdaya 3.300 watt pada 3.600 rpm.

Yadea

Di IIMS 2023 banyak produk kendaraan listrik dipamerkan sekaligus dijual khususnya kendaraan roda dua. Salah satu kendaraan listrik roda dua asal Tiongkok yaitu Yadea memperkenalkan motor listrik Keeness.

Ditawarkan mulai Rp 21 jutaan, motor listrik ini dilengkapi dengan teknologi TTFAR, yaitu sebuah teknologi yang bisa meregenerasi baterai secara otomatis meskipun sedang berkendara. Ini artinya teknologi ini untuk baterai bisa digunakan menempuh jarak lebih jauh.

Di IIMS 2023, selain Keeness, merek ini juga meluncurkan model lainnya di antaranya adalah T9, M6L, G5, C1S, E8S, Fierce-VFF, Voltguard-VFV, lalu skuter niaganya Y1S. Sebagai informasi mulai tahun 2001 sampai saat ini Yadea sudah berkembang selama 23 tahun dan pemasarannya sudah mencapai lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Yamaha Neo (Istimewa)

Yamaha Neo

Merek sepeda motor pemain lama yakni Yamaha juga nggak ingin kalah di ajang IIMS dengan mengungkapkan untuk pertama kalinya motor listrik Yamaha Neo. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan bangga memamerkan motor listrik Neo di ajang ini.

Yamaha Neo dipamerkan bersama motor listrik Yamaha e-Vino dan sepeda listrik Yamaha YPJ-YZ. Yang menariknya lagi, motor listrik Yamaha Neo menggunakan dua baterai yang bisa dipasangkan bersamaan.

Walaupun baru pertama kali diperkenalkan Yamaha di Indonesia, namun Yamaha Neo S tidak sepenuhnya baru. Pasalnya sebelumnya Yamaha sudah memperkenalkan motor ini di Eropa dan juga terakhir di Vietnam namun untuk pasar Indonesia belum berminat menjual.

Alva x NeverTooLavish

Selanjutnya ada Alva. Meski di IIMS 2023 tidak merilis motor listrik yang sepenuhnya baru, di ajang ini mereka mengumumkan motor listrik edisi khusus dari Alva One.

Motor listrik Alva One di IIMS 2023 tampil beda setelah berkolaborasi dengan seniman NeverTooLavish.
Sepeda motor listrik Alva One x NeverTooLavish terlihat dibalut desain baru yang cukup lain dari versi standarnya. Sebab menampilkan mural warna-warni memberi kesan agresif sehingga cocok sama gaya anak muda Indonesia.

Sepeda motor klasik PLN di IIMS 2023 (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Koleksi Motor Listrik PLN

Di IIMS 2023, PT PLN (Persero) juga mendukung gelaran acara pameran otomotif tahunan IIMS 2023. Di IIMS 2033, PLN bahkan menyediakan Hall khusus motor listrik dan test ride motor listrik.

PLN memamerkan berbagai produk di booth antara lain 12 motor konversi yang diproduksi oleh PLN Pusharlis dan PLN Puslitbang. Beberapa jenis motor konversi yang ditampilkan PLN di IIMS 2023 antaranya Chopper Electric, Binter Electric, Vespa Electric, KLX Electric, dan Regal Raptor.

By admin