JawaPos.com – Kondisi Persebaya Surabaya dan Bali United sedang berbeda 180 derajat. Green Force menyapu bersih enam laga terakhir dengan kemenangan. Sementara Serdadu Tridatu belum pernah menang dalam lima laga beruntun.

Tapi, kondisi itu tidak lantas membuat Persebaya diunggulkan ketika melawan Bali United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (18/2) sore nanti (live Indosiar pukul 17.00 WIB).

’’Bali United memang belum menang dalam beberapa laga terakhir. Tapi, itu tidak jadi patokan kalau kami bakal bisa menang mudah,’’ ujar pelatih Persebaya Aji Santoso.

Ya, Aji sadar bahwa Bali United adalah momok bagi Persebaya. Dua kali mereka bentrok tahun lalu. Green Force selalu menelan kekalahan. Persebaya keok 0-1 di fase grup Piala Presiden 2022. Lalu kalah dengan skor serupa di putaran pertama Liga 1 2022–2023. Itu sekaligus jadi kekalahan kandang perdana Green Force musim ini.

Nah, Aji ingin catatan buruk melawan Bali United terhenti. ’’Yang paling kami waspadai adalah bagaimana upaya Bali United untuk bangkit. Makanya, lawan Bali United pemain harus tetap tampil fokus dan maksimal,’’ tegas bapak lima anak itu. Privat Mbarga jadi sosok yang paling berbahaya. Winger Bali United itu sudah mengemas 10 gol dan 6 assist.

Privat pula yang mencetak gol kemenangan Bali United di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Bek Persebaya Rizky Ridho tahu kalau pemain asal Brasil itu bakal merepotkan. ’’Tapi, kami tidak mau fokus ke Privat saja. Kami harus fokus ke semua pemain Bali United. Kami siap memberikan yang terbaik,’’ jelas bek 21 tahun itu.

Beruntung, Persebaya punya tambahan amunisi. Paulo Victor sudah bergabung dalam sesi official training (OT) kemarin. Dia pernah mencatatkan brace ke gawang Bali United ketika masih membela Vishaka FC.

’’Tapi masih kami lihat, apakah Paulo bisa turun atau tidak. Tergantung kondisinya,’’ ungkap mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Tanpa Paulo, Bali United sedikit lega. Sang pelatih Stefano Cugurra menyebut Paulo adalah striker berbahaya. ’’Dia (Paulo) datang dari Kamboja. Tapi, Paulo adalah striker bagus. Saya sangat respek sama dia. Kalau Paulo main, pemain belakang kami harus fokus untuk matikan pergerakan dia,’’ kata pelatih yang akrab disapa Teco tersebut.

Jika Paulo tidak jadi starter, posisinya sangat mungkin diisi Michael Rumere. Teco tetap akan waspada. Sebab, Rumere sedang on fire. Dia baru saja mengemas satu gol dan satu assist. ’’Bukan hanya Paulo, lini belakang kami juga harus fokus ke pemain lain,’’ ungkap Teco. Pelatih asal Brasil itu sudah melihat gaya bermain Persebaya.

Menurut Teco, lini depan Green Force memang sangat berbahaya. ’’Mudah-mudahan kami punya fokus di lini belakang, dan pemain bertahan tidak membuat kesalahan,’’ katanya.

Dia juga meminta lini depan untuk fokus. Sebab, meski selalu menang, Persebaya sudah kebobolan enam gol dalam enam laga. ’’Lini depan harus bisa memanfaatkan peluang dan mencetak gol,’’ pungkas Teco.

PERKIRAAN PEMAIN

Bali United (4-2-3-1): 1-Nadeo Argawinata (g); 22-Novri Setiawan, 73-Jajang Mulyana, 34-Wellington Carvalho, 24-Ricky Fajrin; 6-Brwa Nouri, 16-Hariono; 37-Privat Mbarga, 10-Eber Bessa, 11-Yabes Roni; 9-Ilija Spasojevic (c)
Pelatih: Stefano Cugurra

Persebaya Surabaya (4-3-3): 21-Ernando Ari (g); 33-Koko Ari Araya, 4-Leo Lelis, 23-Rizky Ridho, 37-Alta Ballah; 6-M. Iqbal, 88-Alwi Slamat (c), 10-Ze Valente; 17-Ahmad Nufiandani, 30-Michael Rumere, 14-Sho Yamamoto
Pelatih: Aji Santoso

5 Pertemuan Terakhir
2 September 2022: Persebaya 0-1 Bali United (Liga 1)
20 Juni 2022: Bali United 1-0 Persebaya (Piala Presiden)
25 Maret 2022: Bali United 0-3 Persebaya (Liga 1)
5 Januari 2022: Persebaya 3-1 Bali United (Liga 1)
24 September 2019: Persebaya 1-1 Bali United (Liga 1)

Sabtu, 18 Februari 2023
Venue: Stadion Maguwoharjo, Sleman
Live: Indosiar pukul 17.00 WIB

By admin