JawaPos.com – Satpol PP DKI Jakarta secara intens akan melakukan penertiban terhadap para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan PPKS pada bulan Ramadan di Ibu Kota.

“Ya itu makanya, sebelum bulan puasa kan sudah kita lakukan operasi penjangkauan PPKS,” kata Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin kepada wartawan, Sabtu (18/2).

Hingga sejauh ini, Arifin menerangkan bahwa berdasarkan data-data yang dihimpun pihaknya, banyak juga PPKS yang beroperasi di Ibu Kota ini berasal dari lua Jakarta.

“Orang daerah ke Jakarta kan juga tidak dilarang, tetapi ketika dia di Jakarta ya yang pertama kita berharap juga mereka memiliki tempat tinggal yang layak,” ucapnya.

“Kan kalau manusia gerobak tidurnya dimana-mana. Di jalan, kan membuat Jakarta tidak teratur, tidak tertib, jadi kumuh ya,” sambung Arifin.

Oleh karena itu, ia menegaskan akan secara maksimal melakukan penjaringan terhadap para PPKS jelang Ramadan. Sehingga, Dinas Sosial melalui pantinya dapat melakukan assessment terhadap para PPKS itu.

“Apakah nanti akan dilakukan pembinaan oleh temen-temen dinas sosial itu ada di panti. apakah nanti juga ada kebijakan pemulangan ya itu juga ada di dinas sosial ketika dilakukan assesment,” tandas Arifin.

By admin