JawaPos.com–Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur membuka kuota sebanyak 5.758 mahasiswa baru program sarjana (S1) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023. Kuota tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berjumlah 5.555 orang.

Ketua PPMB UPN Veteran Jatim Okik Hendriyanto Cahyonugrono mengatakan, kuota yang disediakan tersebut akan dibagi dalam tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru. Yaitu, 30 persen atau 1.728 mahasiswa baru untuk jalur seleksi nasional berdasar prestasi (SNBP), 40 persen atau 2.303 mahasiswa untuk seleksi nasional berdasar tes (SNBT).

”Dan 30 persen atau 1.727 mahasiswa untuk seleksi mandiri,” ujar Okik Hendriyanto Cahyonugrono.

Pendaftaran seleksi mahasiswa baru tersebut akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan, Kemendikbud. Pada tahap pertama, seleksi dilakukan melalui jalur SNBP.

”Proses seleksi dilakukan berdasar nilai rapor, portfolio dan prestasi lain baik di bidang akademik maupun non akademik,” terang Okik Hendriyanto Cahyonugrono.

”Pendaftaran SNBP sudah kami buka hingga 28 Februari dan untuk pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada 28 Maret,” tambah dia.

Selanjutnya, untuk jalur (SNBT) pendaftaran dimulai 23 Maret sampai 14 April, kemudian diikuti dengan pembukaan jalur mandiri.

Tahun ini, dia menjelaskan, UPN Veteran Jawa Timur membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk 7 fakultas dengan jumlah 27 program studi (Prodi) pada jenjang studi Sarjana (S1) dengan kuota masing-masing.

By admin