JawaPos.com-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) membawa kabar baik. Ia memastikan bahwa rencana pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan on time pada Juni mendatang.

“Kereta api cepat perjanjiannya Juni masih on time,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

Nantinya, ia mengatakan bahwa KCJB akan mulai beroperasi di Stasiun Cawang, Halim, Jakarta Timur. Pemberhentian terakhir dari KCJB itu sendiri akan ada di pusat Kota Bandung. RK yakin bahwa dengan adanya KCJB, roda perekonomian akan berputar lebih cepat.

“Yang biasanya dua jam hampir tiga jam, kita bisa on time hampir 40 menit,” terangnya.

“Transportasi itu tidak selalu yang utamanya mengangkut penumpang dan barang. Transportasi itu tujuannya juga membangun pusat pertumbuhan baru, tandas RK.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasi dalam waktu dekat. Berdasarkan target pemerintah, KCJB akan mulai beroperasi pada Juni 2023.

Menteri BUMN mengatakan, jika proyek KCJB sudah selesai maka akan menjadi bagian dari sejarah transportasi modern bagi Indonesia.

“Tidak lama lagi kita dapat merasakan Kereta Cepat pertama di Indonesia. Ini bagian dari sejarah transportasi modern bangsa kita,” kata Erick Thohir dalam unggahan di Instagram pribadinya, Jumat (18/11). (*)

By admin