JawaPos.com- Gara-gara diduga sopir kurang konsentrasi, sebuah mobil Honda Mobilio terperosok ke sungai d Jalan Raya Gunung Anyar Sawah, Surabaya.  Kendaraan dengan nopol L 1702 CW itu dikemudikan Andrias Kurniawan, 42. Beruntung korban selamat.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (16/2) malam, sekitar pukul 19.34 WIB. Bodi mobil milik warga Perum The Dharma Indah Regency, Surabaya, itu nyaris tenggelam dalam air sungai. Pengemudi berhasil menyelamatkan diri dengan dibantu warga sekitar.

Informasi yang dihimpun, mobil itu semula melaju dari arah timur ke barat di Gunung Anyar Sawah. Setibanya di lokasi, korban terlalu cepat belok hingga hilang kendali. Akhirnya, Mobilio putih itupun oleng. Byuuurrr! Kendaraan nyemplung ke dalam sungai.

Sontak kejadian tersebut mengundang perhatian warga sekitar dan pengguna jalan yang sedang melintas. Warga pun melaporkan ke Command Center 112 dan polisi. “Pengemudi selamat,” kata Kabid Darlog Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkot Surabaya Buyung Hidayat dilansir Jawa Pos Radar Surabaya, Jumat (17/2).

Seusai menerima laporan, petugas BPBD bersama DPKP menuju ke tempat kejadian perkara. Mereka lantas berupaya melakukan evakuasi mobil. Proses evakuasi berjalan di tengah guyuran hujan. Petugas sampai menggunakan truk crane untuk mengangkat mobil dari dalam sungai.

Akhirnya, selama hampir 2 jam, proses evakuasi selesai sekitar pukul 21.16 WIB. Kemudian mobil diderek menggunakan derek swasta. Buyung menyatakan, kecelakaan terjadi karena diduga sopir kurang konsentrasi saat mengemudi. “Pengakuan yang bersangkutan (sopir) begitu,’’ ungkapnya.

Di Sidoarjo Mobil Terbakar

Sementara itu, Wahyu Febrianto baru saja keluar dari SPBU di Jalan Pucang untuk mengisi bahan bakar mobilnya Rabu (15/2) malam. Warga Desa Sono, Buduran, itu tiba-tiba melihat api berkobar dari bagian belakang Mitsubishi Colt T120 yang sedang disopiri. Dia spontan menghentikan mobil dan langsung bergegas keluar.

Keputusan itu membuatnya selamat. Sebab, dalam waktu singkat kobaran api dari mobilnya makin besar. ’’Kejadian sekitar pukul 22.30 WIB,’’ ujar Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD Sidoarjo Muhammad Qodari kemarin (16/2).

Kebakaran diduga berasal dari kebocoran tangki bahan bakar. Indikasi tersebut dikuatkan keterangan pemilik kendaraan. Mobil itu sudah lama mangkrak. ’’Ditambah lagi baru saja mengisi bahan bakar,’’ terangnya.

Qodari memperkirakan sebagian bahan bakar itu keluar tangki dan masuk ke sistem perapian. Terlebih, Wahyu juga mengaku sempat mendengar suara letupan sebelum muncul api.’’Untung pengemudi menyadari kemunculan api dan langsung keluar kendaraan,’’ katanya.

By admin