JawaPos.com – Sejumlah siswa taman kanak-kanak (TK) di wilayah Kecamatan Bubutan berkunjung ke Kampung Pintar (18/3). Mereka tidak hanya penasaran dengan robot bikinan warga di kampung tersebut. Para pelajar juga belajar terkait kebersihan dan penataan lingkungan.

Aksi pembelajaran digelar sejak pagi. Anak-anak diajak kelililing permukiman terlebih dahulu. Dengan ditemani robot, anak-anak melihat proses penanaman tumbuhan dan pengolahan air limbah di Kampung Pintar.

Ketua RT 3 RW 2 Kelurahan Bubutan Aseyan menjelaskan bahwa edukasi tentang lingkungan hidup dilakukan secara rutin di wilayahnyaPesertanya berganti-ganti. “Kami senang banyak guru yang mengajak siswanya belajar langsung,” kata Aseyan.

Dia mengatakan bahwa tidak hanya dijelaskan bagaimana merawat tumbuhan. Anak-anak juga dikenalkan cara beternak lele. “Dengan memakai robot, kami juga mengajak anak-anak membuang sampah pada tempatnya,” tambah Aseyan.

Menurut dia, banyak warga luar daerah yang mendatangi Kampung Pintar untuk belajar. Namun sebagian besar mereka sudah berusia lanjut. Aseyan berharap ada anak-anak muda yang serius belajar terkait pertanian di tengah kota.

Aseyan mengakui bahwa upaya untuk mewujudkan pertanian memang tak mudah. Selain minat, perlu modal untuk pembelian bibit dan peralatan. “Kebetulan, sebagian warga mendapat bantuan peminjaman dari Bank BRI untuk permodalan usaha pertanian,” kata Aseyan. 

By admin