JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminta agar seluruh warga Jakarta dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih, khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya banjir saat terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, mindset atau pola pikir masyarakat harus diubah terhadap fungsi aliran sungai. Sebab, sungai merupakan sumber kehidupan yang harus dijaga dengan baik. ’’Mindset ini yang harus kita ubah ke depan. Harus kita jaga sungai kita,” kata Riza di Jakarta, Sabtu (12/3).=

Riza mengaku, saat ini lingkungan daerah aliran sungai Ciliwung semakin asri dan bersih. Namun kepedulian masyarakat di sekitar sungai tersebut terutama dalam pengelolaan sampah masih minim. Sebab, banyak masyarakat yang masih saja membuang sampah di Sungai Ciliwung.

“Kepedulian masyarakat sekitar terhadap sampah masih kurang. Masyarakat kita masih menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa. Tidak hanya sampah, tapi semua yang tidak baik dibuang ke sungai,” ucapnya.

Padahal, kata Riza, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri, khususnya di Sungai Ciliwung perlu dilakukan mulai dari memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang. “Coba masyarakat juga mulai memilah dan mengelompokkan sampah, dibuang di tempat terpisah dengan pengelolaannya,” harapnya. (*)

By admin