JawaPos.com – Musisi Once Mekel melakukan gebrakan baru di industri musik. Ia berkolaborasi dengan musisi dunia menggarap lagu Human Race.

Mereka adalah Jeff Scott Soto, Dino Jelusic, Derek Sherinian, Ron ‘Bumblefoot’ Thal, Billy Sheehan dan Simon Philips. Sementara dari dalam negeri ada Once Mekel, Indra Putra dan Edo Widiz. Mereka semua tergabung dalam Dream Team Project.

Once Mekel mengatakan, menggarap lagu berkolaborasi dengan sejumlah musisi lintas negara secara teknis diakuinya cukup menyulitkan. Project pembuatan lagunya sudah dimulai sejak Oktober 2021 dan rampung sekitar bulan Januari lalu. Ada tektokan menarik dan ada revisi dilakukan untuk terus menyempurnakan lagu Human Race.

Menariknya, di lagu Human Race, Once Mekel memasukkan lagu bahasa Manado sebagai pembuka lagu. “Kita masukkan bahasa Manado yang intinya, manusia harus hidup memanusiakan manusia lain. Dalam bahasa Manado si tou timou tumou tou,” kata Once Mekel di bilanga BSD Tangerang Banten Sabtu (12/3).

Berkolaborasi dengan musisi internasional merupakan suatu kebanggaan bagi mantan vokalis Dewa-19. Tapi yang lebih membanggakan, penghasilan dari lagu ini didedikan untuk menunjukkan kepedulian pada isu lingkungan.

“Kami tentu bangga bisa gabung berkarier bersama musisi-musisi hebat di internasional, tapi ini juga ada aspek sosialnya. Karena hasilnya akan dijadikan charity melalui lembaga ForestNation yang punya program mencegah climage change,” tutur Once Mekel.

Untuk teknisnya, lagu Human Race dihadirkan dalam bentuk NFT yang dikerjasamakan dengan sebuah perusahaan teknologi blockchain. Setiap orang yang membeli track ini melalui NFT (pembeli juga bisa berkreasi menambahkan rekaman track versi baru), hasil dana yang terkumpul akan disalurkan untuk membantu program isu lingkungan.

“Kami berharap program ini dapat menjadi pioneer, ada peluang baru dalam hal kolaborasi musik dalam skala International termasuk distribusi musik secara worldwide,” tandas Once.

By admin