JawaPos.com–Pemerintah Kota Surabaya bakal menggandeng Kementerian Perdagangan (Kemendag) merevitaliasasi Pasar Pabean. Revitalisasi itu bakat difokuskan unutk menjadikan Pasar Pabean menjadi ikon wisata kota tua.

”Akan menggandeng Kemendag,” kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji ketika meninjau harga bahan pokok di Pasar Pabean, Kamis (10/3).

Pasar Pabean dikenal sebagai pusat perbelanjaan legendaris. Oleh karena itu, anggaran yang dibutuhkan Pemkot Surabaya mencapai Rp 7 miliar. Beragam jenis bahan pokok dijual di tempat tersebut. Pasar Pabean juga dikenal sebagai pusat penjualan bawang di Jawa Timur.

”Akan direvitalisasi. Sebab selain menjadi pusat perekonomian warga, pasar juga bisa membantu meningkatkan perkonomian warga pada masa pandemi,” ujar Armuji.

Mantan Ketua DPRD Kota Surabaya itu menyatakan, pemkot memiliki rencana besar untuk merevitalisasi beberapa pasar di Kota Surabaya. Hal itu untuk meningkatkanperekonomian warga.

”Ada tiga pasar yang akan direvitalisasi. Pasar Keputran Utara, Pasar Pabean, dan Pasar Kembang. Kalau pasar bersih dan rapi nanti ekonomi juga bergerak positif,” terang Armuji.

Politikus PDI Perjuangan itu berjanji Pemerintah Kota Surabaya berkoordinasi dengan lintas sektor seperti Satgas Pangan untuk melakukan ketersediaan bahan pokok di sejumlah pasar dan distributor. Dalam waktu dekat, akan segera menggelar operasi pasar.

”Diharapkan tidak terjadi penimbunan bahan pokok agar masyarakat bisa khusyuk menjalani ibadah puasa dengan bahan pokok yang terjangkau,” ucap Armuji.

By admin