JawaPos.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan bahwa harga minyak goreng seharusnya sudah mulai stabil. Saat ini, harga nasional untuk minyak goreng adalah Rp 16.000 per liter.

Dia optimistis, harga minyak goreng akan segera stabil mengingat pemerintah telah melakukan distribusi minyak goreng ke penjuru negeri sebanyak 393 juta liter. “Kalau ditanya kapan stabil, mestinya sudah berlangsung stabil dan harga sudah turun. Rata-rata harga migor nasional itu sudah di Rp 16 ribu, terpaut Rp 2.000 dari kemasan premium,” terang dia di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (9/3).

Dirinya pun memastikan bahwa stok minyak goreng di dalam negeri aman. Begitu juga dengan kebijakan domestic market obligation (DMO) akan tetap berjalan untuk bisa memasok kebutuhan pasar nasional.

“Kami pastikan stok cukup dan kita pastikan DMO akan berjalan. Kami ingatkan Harga Eceran Tertinggi pemerintah ini akan di-enforce,” tutur dia.

Diharapkan dengan ketersediaan ini, harga minyak goreng akan berangsur normal. Apabila harga tidak berangsur normal ketika pasokan melimpah, para oknum yang terlibat dalam ‘permainan’ minyak goreng ini akan langsung ditindak tegas.

“Kami pastikan ini sudah jalan (harga turun), cuman kami sedang menunggu kecepatan daripada penurunan harga. Kami akan melibatkan aparat hukum ini untuk memastikan HET ini berlaku untuk ritel modern dan tradisional,” tandas dia.

By admin