JawaPos.com-Madura United sedang berada dalam fase yang kurang bagus. Setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor 1-0 pada 14 Februari lalu, tim berjuluk Laskar Sape Kerrap itu belum pernah memetik kemenangan lagi dalam empat pertandingan berikutnya.

Yang terakhir, Madura United dipaksa bermain imbang 2-2 saat berhadapan dengan Persik Kediri.

Pelatih Madura United Fabio Lefundes saat ini sedang mencari cara agar timnya bisa kembali ke jalur kemenangan. Namun, saat harus menyudahi tren negatif, perjuangan Madura United menemui tembok terjal.

Malam ini, Laskar Sape Kerrap akan berhadapan dengan Barito Putera. Pertandingan itu digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pukul 18.15 WIB atau 19.15 Wita.

Lefundes melihat Barito Putera sebagai lawan berat. Mereka kini dilatih oleh pelatih yang pada putaran pertama mengarsiteki Madura United. Yaitu, Rahmad Darmawan.

Bukan hanya itu, Laskar Pangeran Antasari –julukan Barito Putera– juga diperkuat beberapa pemain yang pernah berkostum Madura United. Yakni, Kim Jin-sung dan Rafael Silva.

Ada juga pemain-pemain yang beberapa musim sebelumnya menjadi bagian dari Laskar Sape Kerrap. Mereka adalah Raphael Maitimo, Bruno Matos, dan Alfath Faathier.

”Jadi, meski pada leg pertama Madura United menang 3-0 atas Barito Putera, itu sama sekali tidak berpengaruh. Situasi sudah jauh berubah. Mereka sudah berganti kekuatan,” tutur pelatih berpaspor Brasil itu.

Lefundes mewaspadai aksi para mantan yang sangat berpotensi merepotkan Laskar Sape Kerrap. Karena itu, Lefundes harus memiliki strategi yang berbeda dari saat bertanding melawan Macan Putih –julukan Persik– pada matchday sebelumnya.

”Kami juga harus memiliki motivasi yang lebih tinggi dari Madura United. Apalagi, posisi kami saat ini belum aman,” tegas mantan asisten pelatih Jeonbuk Hyundai Motors tersebut.

David Lally sependapat dengan pelatih. Dia memang berteman baik dengan para pemain Barito Putera yang dulu berkostum Madura United. Namun, mantan pemain Pelita Bandung Raya (PBR) itu harus sejenak melihat mereka sebagai lawan.

”Sebab, kami juga perlu kemenangan. Kami harus bertanding dengan motivasi tinggi. Jangan mau kalah,” terangnya.

Sebagai mantan pelatih Madura United, Rahmad Darmawan sudah mengenal karakteristik para pemain lawan. Namun, pelatih yang akrab disapa RD itu tidak mau melihat hal itu sebagai sebuah keuntungan. Sebab, Fabio Lefundes datang dengan menerapkan sistem permainan yang berbeda.

”Jadi, saya pikir besok (hari ini, Red) akan menjadi pertandingan yang tidak mudah. Apalagi, Madura United merupakan tim yang terus berkembang. Tapi, kami akan coba berusaha,” ucapnya.

RD akan berusaha menjadikan pertandingan melawan Madura United sebagai titik balik menuju tren positif. Barito Putera harus segera bangkit untuk terus menjauh dari zona merah.

”Kami sudah melupakan kekalahan dari Arema FC. Sekarang saatnya fokus menghadapi Madura United,” tegas pelatih yang sukses mengantarkan RANS Cilegon FC promosi ke Liga 1 musim depan itu.

Perkiraan Pemain
Madura United (4-3-3)
1-Hong Jung-nam (g); 13-Dodi Alekvan Djin, 5-Jaimerson Xavier, 19-Fachruddin Aryanto (c), 26-Novan Sasongko; 50-Hugo Gomes, 4-Asep Berlian, 10-Slamet Nurcahyono; 91-David Lally, 9-Alberto Goncalves, 8-Greg Nwokolo
Pelatih: Fabio Lefundes

Barito Putera (4-3-3)
1-M. Riyandi (g); 66-Bagas Kaffa, 36-Renan Alves, 55-Kim Jin-sung, 4-Miftah Anwar Sani; 13-Bayu Pradana, 28-Buyung Ismu, 8-Raphael Maitimo; 7-Ambrizal Umanailo, 9-Rafael Silva, 26-Rizky Pora (c)
Pelatih: Rahmad Darmawan

Venue: Stadion Kapten I Wayan Dipta
Live: O Channel pukul 18.15 WIB

By admin