JawaPos.com – Penulis novel sekaligus naskah skenario, Hilman Hariwijaya, meninggal dunia setelah sempat berjuang atas penyakit yang dideritanya. Penulis novel Lupus itu menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 08.02 WIB.

Penyakit yang diderita Hilman Hariwijaya ini sepertinya sudah cukup lama. Pada 2021 lalu ia membuat postingan di akun Instagram pribadinya yang memperlihatkan diri tengah terbaring di atas kasur.

Aktor Irgi Achmad Fahrezi yang sempat menjenguk almarhum saat masih sakit menyatakan, Hilman Hariwijaya mengalami kondisi kesehatan menurun akibat komplikasi penyakit.

“Beliau komplikasi. Mohon doanya,” ucapnya melalui pesan singkat kepada JawaPos.com Rabu (9/3).

Sebelumnya, Irgi Achmad Fahrezi mengabarkan kabar duka ihwal meninggalnya Hilman melalui postingan di Instagram Story. Dia pun menuliskan doa agar semua dosa dan kesalahan yang sempat diperbuat almarhum selama hidup di dunia diampuni

“Selamat jakan Pak Haji. Insya Allah husnul khatimah da dilpangkan alam kuburnya. Lo orang baik Pak Haji,” tulisnya.

Dia juga mengenang saat mulai tertarik pada karya novel Hilman Hariwijaya. Irgi mulai membacanya sejak masih duduk di bangku SMP. Sejak saat itu dia menaruh perhatian pada karya-karyanya.

Saat mendengar kabar novel Lupus akan diangkat jadi sinetron, Irgi sempat punya keinginan untuk menjadi pemerannya. “Tapi lucunya waktu gue ditawarin peran itu setelah sekian tahun, gue malah nanya ke elo, lo gak salah pilih gue? Jauh banget dari profile Lupus. Tapi lo ngeyakinin gue bahwa gue cocok untuk meraninnya,” lanjutnya.

Hilman Hariwijaya adalah penulis novel Lupus yang disukai banyak orang pada dekade 80-an. Buku ini diterbitkan perdana pada tahun 1986 berjudul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Judul bukunya disebut sebagai plesetan dari film Kejarlah Daku Kau Kutangkap. Tapi secara cerita sama sekali berbeda atau tidak berhubungan.

Novel Lupus laku keras diera tahun 80-an, buku ini kemudian diadaptasi jadi film layar lebar, Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Selain itu, novel ini juga diangkat ke layar kaca beberapa kali. Salah satunya adalah sinetron berjudul Lupus Milenia yang diperkuat oleh Irgy Fahrezy, Mona Ratuliu, Agnez Mo dan Nenny Triana.

By admin