JawaPos.com – Hujan deras dan angin kencang melanda Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Akibat peristiwa alam ini, sebanyak 17 rumah warga dilaporkan rusak.

“Sebanyak 17 rumah warga rusak setelah hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang melanda dua desa, yakni Desa Betro di Kecamatan Kemlagi dan Desa Pakis di Kecamatan Trowulan,” kata Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Rabu (9/3).

BPBD Kabupaten Mojokerto merinci, dari keseluruhan rumah yang rusak, sebanyak 4 unit mengalami rusak berat, 8 rusak sedang, dan 5 rusak ringan. Berdasarkan laporan visual, bagian atap rumah warga mengalami kerusakan dan jatuh ke tanah akibat terbawa angin kencang.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Total kerugian masih dalam proses pendataan lebih lanjut,” imbuh Abdul.

Sebagai upaya penanganan tanggap darurat, BPBD Kabupaten Mojokerto telah turun ke lokasi. Petugas juga memberikan bantuan berupa terpal sebanyak 12 buah untuk warga terdampak.

“Guna menghindari adanya hal yang tidak dinginkan, unsur TNI dan Polri juga melakukan pengamanan di rumah-rumah warga terdampak,” jelas Abdul.

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di Kabupaten Mojokerto hingga Kamis (10/3). BMKG juga menyatakan, kondisi hujan lebat dalam durasi singkat yang disertai angin kencang, diprakirakan berlangsung hingga periode peralihan musim pada April-Mei 2022.

By admin