JawaPos.com – Pebulu tangkis putra Tiongkok Zheng Si Wei harus kembali memulai perjuangannya dari nol di nomor ganda campuran setelah ia dicerai dari partnernya, Huang Ya Qiong. Dipasangkan dengan Zhang Shu Xian, langkah Si Wei belum mulus di Jerman Terbuka 2022.

Berlaga melawan pasangan tuan rumah Jones Ralfy Jansen/Linda Efler, Si Wei/Shu Xian belum mampu menunjukkan taring mereka.

Keduanya langsung tersingkir di babak pertama Jerman Terbuka 2022 dalam dua gim langsung dengan skor 19-21 dan 17-21. Hasil minor ini tentu sudah bisa diprediksi, mengingat turnamen ini adalah debut Si Wei/Shu Xian.

Diceraikannya Si Wei dari Ya Qiong oleh Federasi Bulu Tangkis Tiongkok sebetulnya bukanlah hal yang mengagetkan, mengingat Tiongkok memang kerap kali melakukan bongkar-pasang beberapa pasangan tangguh yang sedang tampil dalam performa terbaik.

Kendati demikian, bagi beberapa orang, pemisahan ini adalah hal yang cukup disayangkan. Pasalnya, Si Wei dan Ya Qiong merupakan pasangan ideal yang boleh dibilang sangat dominan sejak 2017 hingga 2021 lalu.

Saat masih diduetkan, Si Wei/Ya Qiong sudah menjuarai hampir semua perhelatan penting di turnamen bulu tangkis. Mulai dari Kejuaraan Dunia, All England, Asian Games, hingga event beregu Piala Sudirman, semua sudah mereka sabet.

Mereka gagal menyempurnakan pencapaian mereka setelah cuma berhasil meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 usai dipecundangi kompatriot Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping. Sejak kekalahan itu, isu keduanya bakal dicerai mulai berembus. Kabar itu kian santer setelah keduanya tidak dibawa serta ke perhelatan Piala Sudirman 2021 maupun Piala Thomas dan Uber 2020.

Beberaoa waktu lalu, Federasi Bulu Tangkis Tiongkok akhirnya buka suara bahwa Si Wei dan Ya Qiong dicerai bukan karena performa mereka yang mengalami penurunan. Pelatih Kepala Federasi Bulu Tangkis Tiongkok, Zhang Jun mengatakan bahwa pemisahan dilakukan demi keduanya bisa berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 dengan usia yang terus bertambah.

By admin